Jepang Beli 105 Tambahan Pesawat F-35

Pemerintah Jepang telah mengumumkan niatnya untuk membeli 105 tambahan pesawat F-35, sehingga total pembeliannya menjadi 147 pesawat multirole F-35 baru.

Jepang sebelumnya telah membeli 42 F-35A yang diproduksi oleh Lockheed Martin, dan sekarang akan membeli 63 F-35A tambahan dan 42 F-35B yang merupakan F-35 versi Short-TakeOff Vertical Landing (STOVL). Pembelian ini telah diputuskan untuk secara bertahap menggantikan lebih dari 100 pesawat F-15J. Total biaya akuisisi untuk tambahan pesawat F-35 tersebut diperkirakan melebihi $10 miliar.

Pada Januari tahun lalu, Angkatan Udara Beladiri Jepang (JASDF) mengoperasikan F-35A pertamanya di Pangkalan Misawa, di bagian utara Honshu. Total sejumlah 10 F-35A saat ini telah operasional dan skuadron F-35A pertama JASDF akan dibentuk pada bulan-bulan mendatang.


F-35 Lightning II adalah pesawat tempur multi-role stealth yang dirancang awalnya untuk memenuhi kebutuhan Amerika Serikat dan Inggris untuk pesawat tempur next generation yang terjangkau. Pesawat ini akan menggantikan berbagai pesawat tempur tua dan pesawat tempur yang saat ini beroperasi tidak hanya di kedua negara itu, tetapi juga di negara lain. Versi F-35A adalah F-35 versi lepas landas dan pendaratan konvensional (CTOL). Sementara versi F-35B menggabungkan stealth dengan kemampuan lepas landas jarak pendek/pendaratan vertikal, memberikannya kemampuan untuk beroperasi dari kapal, jalan raya dan pangkalan dengan kondisi yang serba terbatas.

Baca Juga:  Harga Produksi Pesawat F-35 Turun 9 Persen

Sumber : airrecognition.com, thediplomat.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan