Jepang Berencana Jual Radar Udara Ke Filipina

Menurut Asian Review, Jepang sedang mempertimbangkan penjualan teknologi radar pertahanan udara ke Filipina dalam suatu kesepakatan yang akan menjadi ekspor pertama peralatan pertahanannya sejak mengakhiri larangan penjualan senjata ke luar negeri selama hampir 50 tahun pada tahun 2014.

Jepang tengah berdiskusi dengan Filipina tentang pembelian sistem radar pertahanan udara FPS-3 buatan Mitsubishi Electric yang ditingkatkan, yang digunakan Angkatan Udara Bela Diri Jepang sejak tahun 1991 untuk pertahanan rudal dan memantau serangan udara. Tokyo telah mulai memberikan informasi teknis mengenai sistem tersebut ke Manila.

Pemikiran Jepang untuk meningkatkan radar tersebut untuk memenuhi kebutuhan Filipina akan menekan biaya, dimana hal itu dapat membantu Jepang memenangkan pesanan dari Filipina. Harganya diperkirakan antara 1 miliar yen dan 2 miliar yen ($ 8,87 juta dan $ 17,7 juta).

Manila juga telah mendekati AS dan Israel untuk membeli peralatan sejenis, menurut sumber yang terkait dengan pemerintah Jepang, dan akan memutuskan pilihannya secepatnya pada awal tahun depan.


Jepang dan Filipina tertarik untuk bermitra dalam keamanan maritim karena Tiongkok terus membangun kehadiran militernya di Laut Cina Selatan, jalur laut penting untuk pengiriman barang dan energi baik untuk Tokyo maupun Manila. Dengan mengekspor radar pertahanan udara ke Filipina, Jepang berharap dapat meningkatkan kemampuan deteksi dan pengawasan negara Asia Tenggara itu dan membantu menjaga keamanan di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Iran Usir Pesawat U2 Amerika Serikat

Sumber : armyrecognition.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan