Jepang Good Bye F-35, Selamat Datang Mitsubishi F-3!

Pada Maret 2018 lalu Jepang merilis gambar mesin turbofan bernama XF 9-1 berkekuatan tinggi dan radar AESA yang sedang diperbarui/ditingkatkan oleh Ilmuan Jepang untuk program Mistubishi F-3.

Lembaga Kajian Jangka Menengah Jepang mengumumkan bahwa Jepang akan terus maju dengan pengembangan pesawat tempur siluman Mitsubishi F-3 Generasi Keenam, pesawat tersebut akan di rancang secara domestik atau lokal dan tidak memakai produk asing.

Februari 2019, Kementerian Pertahanan Jepang mengkonfirmasi bahwa tahun 2020 mendatang akan dikeluarkan anggaran untuk program Mitsubishi F-3, pengembangan di mulai tahun 2021 dan produksi masal diharapkan pada tahun 2030 mendatang.

Mitsubishi F-3 Generasi Keenam ditargetkan akan menggantikan 100+ unit lebih Mitsubishi F-2 yang merupakan pesawat F-16 produksi Jepang pada tahun 2030an mendatang.

Program TV Jepang menyebutkan memperkirakan biaya program Mitsubishi F-3 Generasi Keenam akan menghabiskan ¥5 Triliun (Rp664,53 Triliun) dan di targetkan harga pesawat per unitnya mencapai angka ¥20 Miliar (Rp2,65 Triliun).


Pejabat Jepang mengatakan kepada Jane 360 bahwa saat ini mereka “Belum” tertarik dengan adanya mitra pengembangan karena saat ini Jepang mampu memenuhi keseluruhan teknologi, uang, pekerja dan fitur fitur lainnya untuk Mitsubishi F-3 yang diproduksi secara lokal.


Sumber: nationalinterest

Baca Juga:  Perancia Upgrade Rudal MICA Untuk Pesawat Tempur Rafale dan Mirage

19 Komentar

  1. ini baru negara xeren cux….omong besar sesuai kenyataan engax cuma koar koar apa lagi sesumbar….patut ditiru semangat dan dan karakternya…salah satu budaya malu jepang yang buat mereka jadi negara utama dunia,,,malu cux bukan malu maluin…wkwkwkwkwk…
    yang jangan ditiru bunuh dirinya aja…cukup mundur bila gagal…dan mempertangung jawabkan secara hukum maupun moral…!!!

    • Kalau ngikutin cara jepang sih pasti bisa maju, asal jangan cara gurun pasir aja..
      Yg selalu memghayal sorga dgn 72 bidadarinya..

        • jangan tangepin itu orang non muslim kalou endax orang munafix….biasa dia engax sangup kalou diskusi secara teoritis dan akademis…jadi yaa cuma bisa ngetrol…kalou ngomong sama anak anak baru dia keliatan kuminteran,,,dengan caci maki…bahlul lah mabux baygon lah…tapi komenya malah cerminan makian dia sendiri…!!!

          • Tepat sekali prkataanmu itu sodara sy ikut porum debat islam vd kristen,Kristen hanya bisa ny jwb muter2 alias gak jelas krn gk punya dalil itu sebabny mereka jd bebal

          • Dr dulu jepang mmg hebat dlm sgl hal produk mereka terkenal dseluruh penjuru dunia disaat Negara2 besar tengah susah payah kembangkan jet siluman generasi 5 jepang malah melampaui jaman lompat ke generasi 6,mantappp

  2. Indonesia belum bisa disandingkan sejajar dgn jepan. Jangan kan membuat mesin jet, membuat mesin jahit pun belum bisa. Jangankan membuat radar, membuat komponen IC dan microchip saja belum mampu. Ini realita nya..

    • revolusi mental cuma jargon tox kayak mana mau ngejer jepon…mentalitas jepang adalah suatu panutan dunia…!!!
      jadi kita bila ingin bersaing harus benar benar merubah karakter buruk yang melekat…yang baik yaa dijaga…ini malah kebolax balix…yang burux membudaya yang baik malah langka…jadi kalou ada orang baik malah seperti melihat keajaiban alam….wkwkwkwk….
      contoh nya gotong royong itu sudah hampir punah…!!!

Tinggalkan Balasan