Jepang Luncurkan Kapal Induk Helikopter Kedua JS Kaga

Angkatan Laut Pasukan Bela Diri Jepang resmi meluncurkan kapal induk helikopeter kedua, JS Kaga (DDH 184), pada 22 Maret 2017. Upacara peresmian dilakukan di galangan Japan Marine United (JMU), Yokohama. JS Kaga merupakan kapal kedua kelas Izumo, yang lebih dulu beroperasi.

JS Kaga dibangun oleh Japan Marine United dan diluncurkan, pada Agustus 2015. Dalam keterangan persnya, AL Jepang mengklasifikasi JS Kaga sebagai kapal perusak helikopter dengan bentuk dek yang rata.

Kapal ini mampu menampung 8 helikopter kelas angkut besar, 14 helikopter serang dan 30 helikopter ringan. Selain helikopter JS Kaga juga dapat didarati pesawat tempur siluman F-35B dan tiltrotor pengangkut pasukan V-22 Osprey. Untuk personel mampu membawa 520 prajurit.

Panjang kapal induk helikopter JS Kaga 248 meter, lebar 38 meter, dan bobot penuh 24.000 ton.


JS Kaga menggunakan empat mesin COGAG gas trubin GE LM2500, membuat kapal induk helikopter ini dapat melaju hingga kecepatan 30 knots atau 56 km/jam.

JS Kaga diperkirakan akan membawa helikopter anti kapal selam Mitsubishi-Sikorsky SH-60K Seahawk dan helikopter AgustaWestland/Kawasaki MCH-101 untuk operasi penanggulangan ranjau.


Angkatan Laut Pasukan Bela Diri Jepang mengatakan bahwa JS Kaga tidak hanya untuk angkut helikopter dan angkut pasukan, tapi juga untuk bantuan bencana dan penyelamatan. JS Kaga juga digunakan sebagai kapal komando.

Baca Juga:  India Akhirnya Hanya Beli 36 Jet Tempur Rafale

sumber: TSM/ Janes / Wikipedia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan