Jepang Siap Jual 8 Kapal Siluman Mogami Ke Indonesia, China Waspada!

Dalam kunjungan ke Jepang, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menandatangani perjanjian dengan Pemerintah Jepang, Selasa, 30 Maret 2021 untuk proses pembelian dan alih teknologi.

Salah satu alutsista yang akan dibeli adalah delapan frigat siluman Mogami Class atau 30FFM Class. Rencananya, 4 kapal akan dibangun di Indonesia sebagai bagian dari proses alih teknologi.

Frigat siluman Mogami Class merupakan kapal perang canggih dan terbaru di jajaran AL Jepang / Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF).

Hingga saat ini JMSDF baru mengoperasikan dua frigat siluman Mogami Class dari rencana 22 unit yang diserahkan dua unit per tahun hingga 2032.

Belum ada informasi lebih rinci terkait pembelian alutsista terbaru TNI AL tersebut. Tahu sendiri kan proses tender pengadaan alutsista untuk TNI itu ribetnya minta ampun. Meski menhan sudah deal tapi masih menunggu persetujuan parlemen DPR, menteri keuangan dan presiden.

Menurut informasi, nilai kontrak penjualan delapan frigat siluman kelas 30FFM pada Indonesia mencapai 2.9 miliar dolar AS atau Rp 42.2 triliun.
Harga frigat siluman kelas 30FFM mencapai 467 juta dolar AS atau Rp 6.8 triliun.

Frigat Mogami Class dilengkapi meriam Mark 45 kaliber 127 mm pada haluan, dua kanon CIWS, sebuah SeaRAM – RIM-116 Rolling Airframe Missile yang ditempatkan di atas hanggar.

Kemudian ada dua kanister, dimana dapat dibawa 8 unit rudal anti kapal Type 17, serta 16 peluncur rudal hanud dalam Mk-41 VLS (Vertical Launch System).

Baca Juga:  Panglima TNI : Kapal Selam KRI Ardadedali-404 Diawaki Prajurit Pilihan

Untuk menghadapi peperangan bawah permukaan, frigat 30DX disiapkan untuk membawa torpedo ringan Type 12 kaliber 324 mm dan beragam perlengkapan untuk misi menebar ranjau.

Tidak lupa, frigat ini dibekali deck dan fasilias hanggar untuk helikopter anti kapal selam sekelas SH-60L.

Frigat Mogami Class punya panjang 132,5 meter dan lebar 16 meter.

Meski tergolong besar hingga kadang disebut heavy destroyer, Frigat Mogami Class hanya diawaki sekitar 90 karena kapal telah memiliki otomatisasi tingkat tinggi.

Sebagai sumber tenaga dipercayakan pada teknologi combined diesel and gas (CODAG), dimana komposisi dapur pacu terdiri dari satu unit mesin turbin gas Rolls-Royce MT30 dan dua unit mesin diesel MAN.

Dengan bobot penuh, frigat ini dapat melaju hingga kecepatan 30 knots.

Jika pembelian ini terealisasi, China patut waspada di Laut China Selatan dengan kekuatan TNI AL

2 Komentar

  1. Ini baru keren, pesen 8 fregat , biar lebih kecil tapi spek senjata di atas iver yg downgrade, made in japan lagih, urusan finance pasti lancar karena japan pasti dukung, dan memang mereka yg minta berkongsi dengan kita, kalo terealisasi bisa jadi yg terkuat di asean, bravo pak menhan..

Tinggalkan Balasan