Jepang Tunjuk Mitsubishi Kembangkan Pesawat Tempur Canggih Next Generation

Jepang telah memilih Mitsubishi Heavy Industries sebagai kontraktor utama untuk mengembangkan pesawat tempur siluman generasi berikutnya yang akan diluncurkan pada tahun 2030an, kata menteri pertahanan pada Jumat.

Pesawat tempur generasi berikutnya, yang saat ini dikenal sebagai FX, adalah bagian dari peningkatan armada jet tempur Jepang saat negara itu sedang meningkatkan kemampuan militernya untuk melawan ancaman berkembang dari Tiongkok dan Korea Utara. Pesawat tempur berikutnya ini rencananya akan menggantikan armada Mitsubishi F-2 yang dikembangkan bersama oleh Jepang-Amerika Serikat.

Saat ini, Kementerian Pertahanan Jepang sedang mencari dana sebesar ¥58,7 Miliar (Rp8,19 Triliun) dalam anggaran 2021 untuk pembiayaan penelitian dan pengembangan pesawat. “Kami akan terus mendorong pengembangan jet tempur generasi berikutnya,” kata Menteri Pertahanan Nobuo Kishi kepada wartawan dalam membuat pengumuman. Kedepannya, Mitsubishi akan menunjuk peserta kontraktor lain dalam proyek tersebut, sebagai penyedia sistem avionik, mesin dan suku cadang lainnya, Jepang membuka peluang masuknya kontraktor asing seperti Inggris dan Amerika Serikat sebagai penyedia suku cadang.

Saat ini JASDF memiliki 290 pesawat tempur yang diantaranya ada F-4 Phantom yang saat ini sedang dalam proses pergantian dengan F-35.

Baca Juga:  Turki Ancam Amerika Jika Pembelian Pesawat F-35 Dibatalkan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan