Jepang Ubah Kapal Destroyer JS Hatakaze Jadi Kapal Latih

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) telah mengubah kapal destroyer kelas Hatakaze, JS Hatakaze menjadi kapal latih pada 19 Maret.

Kapal itu sekarang bernama JS Hatakaze (TV-3520). Nomor lambung sebelumnya adalah DDG-171.

Hatakaze dikonversi menjadi kapal latih menyusul peresmian kapal destroyer berpeluru kendali kelas Maya, JS Maya (DDG-179). Hatakaze sekarang akan menjadi bagian dari armada latih JMSDF.

JS Hatakaze (DDG-171) adalah salah satu dari dua kapal destroyer rudal kelas-Hatakaze yang dioperasikan oleh JMSDF. Kapal tersebut dilakukan peletakan lunasnya pada 20 Mei 1983 di galangan kapal Mitsubishi di Nagasaki. Kapal diluncurkan pada 9 November 1984 dan diresmikan pada 27 Maret 1986.

Kelas Hatakaze adalah kelas destroyer generasi ketiga yang dioperasikan oleh JMSDF. Kapal kelas itu adalah yang pertama dari armada kapal JMSDF yang memiliki tenaga penggerak turbin gas.

Suite senjata utamanya mirip dengan kelas Tachikaze sebelumnya, tetapi ada berbagai peningkatan dilakukan di banyak hal, yang paling utama adalah peningkatan yang memungkinkan kelas Hatakaze berfungsi sebagai flagship kapal komando group.

Destroyer Hatakaze mengoperasikan sistem kendali taktis Type OYQ-4-1. Sistem persenjataannya meliputi rudal permukaan-ke-udara (SAM) Standard, roket anti-kapal selam, rudal anti-kapal RGM-84 Harpoon, dua Close-In Weapons System (CIWS) Mark 15 20 mm, dua peluncur torpedo dalam konfigurasi triple tube dan dua meriam 5-inchi/54 caliber Mark 42.

Baca Juga:  Mundur Beli F-35, Kanada Ganti Pilih F/A-18 Super Hornet

Kapal kedua dalam kelas ini adalah JS Shimakaze (DDG-172).

Sumber : defpost.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan