Jerman Pengen F-35 Untuk Gantikan Pesawat Tornado

Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe) telah meminta data rahasia mengenai jet tempur Lockheed Martin F-35 untuk mengevaluasi kemungkinan solusi untuk menggantikan pesawat tempur multi-peran Tornado mereka yang telah menua.

Permintaan tersebut menyatakan bahwa Kementerian Pertahanan Jerman akan melakukan evaluasi mendalam terhadap solusi market available termasuk F-35, akhir tahun ini. Kementerian tersebut akan mengeluarkan ‘letter of request’ formal dalam beberapa bulan mendatang, Reuters melaporkan
pada hari Rabu (17/05).

Surat tersebut, yang dikirim oleh Komando Perencanaan Angkatan Udara Jerman dan telah dilihat oleh Reuters, menjelaskan bahwa pemerintah Jerman belum memberi otorisasi untuk program pengadaan dan tidak berkomitmen terhadap pesawat terbang tertentu untuk menggantikan pesawat tempur saat ini.

Permintaan tersebut mungkin akan mengejutkan saat Jerman pada bulan Desember 2015 telah merencanakan untuk mengembangkan pesawat tempur baru bersama dengan mitra Eropanya. Sebuah draf dokumen oleh Kementerian Pertahanan Jerman mengenai ‘strategi penerbangan militer’ telah menyatakan bahwa masih belum jelas apakah jet baru tersebut akan diawaki atau tidak berawak.


Prrogram Future Combat Air System (FCAS), sebagaimana program itu disebut oleh Bundeswehr, kemungkinan akan menjadi sistem yang menggabungkan elemen berawak dan tak berawak.

“Pemerintah Jerman telah meminta Airbus untuk mempertimbangkan alternatif pengganti Tornado yang akan saling melengkapi dengan Eurofighter,” kata Alberto Gutierrez, kepala program Eurofighter seperti dikutip oleh The National Interest pada bulan Maret tahun ini.

Baca Juga:  F-16 Pakistan Bisa Gendong Rudal Nuklir

Sumber : defenseworld.net, TSM.

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan