Jet Tempur Amerika Diwarnai Seperti Jet Rusia di Suriah, Konspirasi Kambing Hitam

Foto yang ditweet oleh jurnalis asal Kanada minggu lalu di Twitter memperlihatkan jet-jet tempur Amerika Serikat/AS diwarnai seperti pesawat Rusia. Tak hanya warna cat, tampak dalam foto-foto tersebut ada bintang merah “insignia” Angkatan Udara Rusia di bagian ekor pesawat.

foto-foto tersebut memicu perdebatan dan teori konspirasi di dunia maya. Banyak pihak yang menduga AS menggelar serangan udara palsu di Suriah untuk kemudian menyalahkan Rusia.

Pekan yang lalu, Pesawat tempur AS membombardir kawasan yang dikuasai oleh Tentara Rezim Bashar yang disokong Rusia, menewaskan 80 tentara Suriah. Padahal saat itu posisi mereka sedang mengepung ISIS.
Hubungan antara Rusia dan AS dalam konflik Suriah memang tak bisa dibilang harmonis, gencatan senjata juga gagal, karenanya kedua negara kerap saling menyalahkan  dalam keterlibatan mereka di Suriah.

Saat ini Rusia juga menyiagakan sistem pertahanan udara terbaru S-300 dan S-400 karena mendapat laporan intelijen akan kemungkinan serangan udara dari Amerika Serikat. Rusia juga menambah kekuatan di Pangkalan Tarsus.

3 Komentar

Tinggalkan Balasan