Jet Tempur JF-17 Thunder Pakistan Suskes Uji Coba Rudal Baru

Pesawat tempur JF-17 Thunder buatan Pakistan-China dilaporkan berhasil lulus uji tes penembakan rudal udara ke udara terbaru seperti dilansir defenseworld (8/2).

Rudal terbaru ini ditujukan untuk menghancurkan sasaran di udara yang berkecepatan rendah pada jarak di luar visual atau yang dikenal dengan BVR (Beyond Visual Range). Biasanya untuk sasaran semacam ini, yang disiapkan adalah rudal udara dengan pemandu radar.

Senjata lain yang diuji adalah rudal berpemandu infra merah untuk jarak dekat, masih di lokasi pengujian yang sama. Keberhasilan peluncuran ini diumumkan sendiri oleh Kepala Staf AU Pakistan Marsekal Sohail Aman.


Fasilitas uji Sonmiani sendiri dibangun dengan dana dan prakarsa China, dilengkapi instrumentasi untuk mengikuti peluncuran senjata secara langsung dan peralatan pengukuran untuk kualifikasi sistem senjata yang dibeli Pakistan. Kualifikasi senjata oleh JF-17 ini tentunya juga berlaku untuk versi XC-1 Xiaolong yang dibuat oleh China.


Tujuan dari latihan ini adalah menunjukkan kesiapan AU Pakistan untuk mencari dan menghancurkan sasaran berkecepatan rendah seperti drone intai dengan strategi pencegatan oleh pesawat tempur. (Aryo Nugroho/UC News)

Baca Juga:  Rudal Sarmat Satan II Rusia Bisa Menghancurkan Satu Negara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan