Jet Tempur Sukhoi Su-30 AU India Hilang di Dekat Perbatasan China

Sebuah pesawat tempur Sukhoi Su-30 MKI milik Angkatan Udara India (IAF) hilang di dekat perbatasan India-China setelah lepas landas dari sebuah pangkalan angkatan udara di timur laut India pada hari Senin 23 Mei 2017.

Seorang pejabat Angkatan Udara India mengatakan pesawat terbang kursi ganda tersebut sedang dalam misi latihan ketika hilang dari radar dan kontak radio hilang kira-kira 60 kilometer utara sebuah pangkalan angkatan udara di Tezpur.

Wakil Komisaris Distrik Sonitpur Manoj Kumar Deka sebagaimana dikutip Hindustan Times mengatakan kepada wartawan di Tezpur bahwa pangkalan Angkatan Udara telah memberitahukan kepadanya bahwa pesawat Su-30 dengan dua pilot telah lepas landas dari pangkalan udara pada pukul 10.30 pagi untuk melakukan sortie reguler dan hilang kontak dengan kontrol lalu lintas udara IAF di atas Dubia di dekat Gohpur perbatasan China dan India.


Sukhoi Su-30 MKI adalah adalah pesawat tempur bermesin ganda yang pembuatanya dilakukan didalam negeri India dengan lisensi dari Rusia. India melakukan beberapa modifikasi dalam sistem avionik Su-30MKI dengan radar buatan barat dan Israel.

Su-30MKI milik India telah sejak lama menderita kurangnya pasokan suku cadang dari Rusia. Dan buruknya sistem perawatan mesin.


Tujuh jet Su-30MKi telah jatuh sejak terbang tahun 2009, termasuk yang jatuh di Rajasthan pada 15 Maret 2016. Pesawat ini telah dua kali di grounded dengan alasan keamanan.

Baca Juga:  India Punya 272 Sukhoi Su-30MKI dan 40 Pesawat Hejas Buatan Sendiri

India pada bulan Maret menandatangani sebuah perjanjian dengan Rusia untuk memperbaiki pasokan suku cadang dan bantuan teknis jangka panjang.

3 Komentar

Tinggalkan Balasan