Jika Prabowo Ditolak Amerika, Rusia dan China Siap Bantu Indonesia

Hubungan Prabowo Subianto dengan pihak Amerika Serikat (AS) masih belum jelas. Pada pertengah tahun 2000, Menteri Pertahanan tersebut dicekal masuk AS saat hendak menghadiri wisuda anaknya.

Mantan komandan Kopassus itu masih diblack list oleh AS karena dituding terlibat pelanggaran HAM tahun 1997-1998. Jika pencekalan itu terus berlangsung, bisa jadi rencana pembelian beberapa alutsista bisa gagal.

Namun Rusia dan China sudah siap membantu Indonesia dalam bidang pertahanan dengan Indonesia. Bahkan Dubes China Xiao Qian adalah tamu pertama yang berkunjung ke kantor Kemhan.

Diberitakan oleh SCMP (6/11/2019) Dubes Xiao Qian mengatakan pihaknya siap bekerjasama dengan Menhan Prabowo untuk meningkatkan kerjasama militer kedua negara ataupun tentang pembelian alutsista.

Apa yang dikatakan oleh Dubes Qian diamini juga oleh Jubir Kemhan Irawan Ronodipuro “Hubungan militer China Dengan Indonesia sangat penting karena, China saat ini juga sebagai salah satu pendukung modernisasi TNI. oleh karena itu kami menghargai pendekatan proaktif mereka”

Disisi lain bagaimana sikap Pemerintah AS mengenai desas-desus ditolaknya Menhan Prabowo yang direncanakan berkunjung ke AS? Melalui Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan mengatakan bahwa AS siap bekerjasama dengan Menhan Prabowo terkait dengan kerjasama militer ataupun pembelian alutsista namun dilain sisi pihaknya juga tetap melakukan penilaian terhadap penghormatan HAM.

Apa yang diklaim oleh Dubes AS tersebut memang bukan isapan jempol beberapa hari sesudahnya KSAU Marsekal Yuyu Sutisna dengan tanpa tedeng aling-aling mengatakan bahwa pihaknya akan membeli setidaknya dua Skadron F 16 Viper dan pesawat angkut C 130J Hercules dalam Renstra tahun 2020-2024. Akankah dibawah Menhan Prabowo Indonesia dibawa mendekat ke sisi AS? Atau China? Atau Rusia? Biar waktu yang menjawabnya.

Baca Juga:  LAPAN Kembangkan UAV LSU-03 Full Carbon

Sumber: https://www.scmp.com/week-asia/politics/article/3036554/us-dithers-over-human-rights-china-opens-its-arms-prabowo

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan