Jokowi Geser Angkasa Yudha 2016 ke Natuna

Presiden Jokowi tiba-tiba menginstuksikan agar Latihan tertinggi TNI AU, Angkasa Yudha 2016, yang rencananya akan dilaksanakan di Lapangan AWR Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur Rabu (28/9) dan Kamis (29/9) mendatang, dipindah ke Pulau Natuna.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud HAS Hanandjoeddin Kapten SUS Andi Bangsawan seizin Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Pnb Anang Heru Setiyono membenarkan adanya kabar itu.

Katanya, acara Angkasa Yudha 2016 tetap dilaksanakan, namun lokasinya dipindahkan. Yakni di Pulau Natuna Provinsi Kepulauan Riau. Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres, pemindahan itu dilakukan untuk mendukung agenda nasional yakni Sail Karimata 2016.

Selain itu, beberapa sumber menyebutkan, pemindahan itu dilakukan lantaran Pemerintah Republik Indonesia, ingin memberikan shock terapi kepada sejumlah kepentingan jahat seperti perompakan terhada nelayan Indonesia.

“Benar, informasinya latihan Angkasa Yudha dipindahkan lantara pemerintah ingin menunjukan kehebatan Tentara Nasional Indonesia, kepada para perompak di lautan agar tidak menganggu nelayan Indonesia yang melintas,” kata Kapten SUS Andi Bangsawan.

Kapentak Lanud HAS Hanandjoeddin itu mengatakan, pemindahan diperintah langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo. Dijelaskan Andi, kata Presiden, jika TNI AD, TNI AU maupun TNI AL, menggelar latihan, harus di Pulau Natuna.

Sementara itu, mengenai beberapa pesawat yang tiba di Belitung, Senin (26/9) hari ini akan dipindahkan ke Pulau Natuna. “Dua pesawat skadron sudah dibongkar. Besok (hari ini,red) akan dikirim ke Pulau Natuna,”pungkasnya.

Baca Juga:  Rudal Jarak Menengah NASAMS Akan Dipasang Di Tangerang

Pemindahan ini juga bagian dari kampanye kedaulatan Indonesia di wilayah Laut China Selatan yang terus memanas. Memang tidak ada yang mengusik Natuna, tapi 80% ZEE laut Natuna diklaim oleh China, padahal daerah Laut Natuna sangat kaya kandungan mineral alamnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan