Joppye Onesimus Wayangkau Putra Papua Pertama Bintang Tiga di TNI AD

Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Joppye Onesimus Wayangkau menjadi putra Papua pertama yang meraih tiga bintang di pundak di lingkungan TNI AD. Beliau baru saja mendapat promosi jabatan sebagai Danpusterad (Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat).

Sukses menjabat sebagai Danpusterad, tentu perjalanan karir Letjen Joppye tidak perlu diragukan lagi. Pria kelahiran 1962 itu sudah pernah ditugaskan hampir di seluruh Indonesia. Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa ini berlangsung di Mabesad, Jakarta Pusat.

Kadispenad Kolonel Inf Nefra Firdaus yang menghadiri upacara serah terima jabatan yang dipimpin oleh KSAD TNI Jenderal Andika Perkasa, mengatakan bahwa karir cemerlangnya dimulai saat menjabat Danyonif 401/Banteng Raider yang merupakan pasukan pemukul Kodam IV/Diponegoro, pada tahun 2001 – 2003.

“Setelah berhasil memimpin pasukan tempur, kemudian Wayangkau dipercaya memimpin Satuan Komando Kewilayahan di lingkungan Kodam IV/Diponegoro. Lalu tahun 2003 – 2007, didapuk sebagai Dandim 0736/Batang. Kemudian menjadi Danbrigrif 24/Bulungan Cakti di Kodam VI/Mulawarman selama 2 tahun (2009 s.d. 2011),” kata Nefra.

Mayjen Joppye juga tercatat sebagai Pangdam XVIII/Kasuari yang pertama, sejak diresmikan pada tangal 10 Oktober 2016 lampau. Kemudian, berdasarkan Surat Perintah KSAD (nomor : Sprin/1205/V/2020 tanggal 5 Mei 2020) Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau promosi menjadi Bintang tiga sebagai Danspusterad, menggantikan Mayjen TNI Arif Rahman.

Baca Juga:  Panglima TNI: Gelar Nusantara Bersatu Karena Banyak Berita Provokatif

“Ini juga untuk pertama kalinya, putra Papua berhasil meraih puncak karir militer sebagai Jenderal Bintang Tiga. Sedangkan, setelah menyerahterimakan jabatan yang dipimpin KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, maka Mayjen TNI Arif Rahman akan menempati posisi jabatan baru sebagai Pa Ahli TK III KSAD bidang Komunikasi Sosial,” ujar Kadispenad.

Dalam upacara sertijab, ternyata juga dilaksanakan serah terima tugas dan jabatan Ketua Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang XXIV Pusterad PG Mabesad dari Ny. Mia Arif Rahman kepada Ny. Istriyani Wayangkau.

“Atas kepercayaan tersebut, dalam mengawaki Pusterad dengan organisasi yang baru, maka saya akan menata organisasi dan menyusun personel yang mengawakinya. Sehingga tugas pokok pembinaan teritorial TNI Angkatan Darat bisa ditata dan disusun, ke dalam suatu program yang bisa dilaksanakan dengan baik,” ucap Letjen Joppye Onesimus Wayangkau.