Kanada Beli 18 Pesawat F-18 Bekas Australia

Gak usah malu beli alutsista bekas. Negara lain juga banyak kok. Salah satunya adalah Kanada. Negara ini akan menerima dua pesawat pertama dari 18 jet tempur F-18 bekas Australia pada tahun 2019.

Dua pesawat pertama F-18 bekas Australia tersebut akan dikirim pada 2019, kata Menteri Pengadaan Kanada Carla Qualtrough sebagaimana dikutip oleh Ottawa Citizen di pameran peralatan militer CANSEC pekan lalu.

Harga akhir untuk pengadaan tersebut masih belum diketahui meskipun pemerintah Kanada telah menyisihkan $500 juta untuk membeli 18 jet tempur itu.

Pat Finn, asisten deputi menteri bidang material Departemen Pertahanan Nasional Kanada, baru-baru ini menyebutkan bahwa pemerintah Kanada telah menerima apa yang disebut sebagai surat proposal harga atas penjualan yang diusulkan. Dia mengharapkan bahwa kesepakatan akan dilakukan pada akhir tahun ini dengan pengiriman akan dimulai pada musim panas 2019.

Pemerintahan Liberal Kanada awalnya merencanakan kedatangan pesawat pertama pada Januari 2019.


Australia akan memerlukan persetujuan dari Departemen Luar Negeri AS untuk mentransfer pesawat tersebut ke Kanada.


Pemerintah federal Australia telah mengkonfirmasikan bahwa pesawat Australia akan beroperasi bersama CF-18 AU Kanada di Bagotville, Que., Dan Cold Lake, Alberta. “Pesawat-pesawat itu akan digunakan di 3 Wing Bagotville dan 4 Wing Cold Lake,” kata pemerintah Australia pada awal tahun ini.

Departemen Pertahanan Nasional Kanada saat ini sedang meninjau persyaratan infrastruktur untuk mengakomodasi pesawat tambahan.

Baca Juga:  F-16 Hanya Akan Diproduksi di Amerika Serikat, Kontrak India Terancam Batal

Sumber : defenseworld.net, TSM

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan