Kapal Destroyer USS Preble Amerika Akan Jadi Kapal Perang Dengan Senjata Laser Pertama di Dunia

Kapal Destroyer kelas Arleigh Burke USS Preble (DDG-88) milik Angkatan Laut Amerika Serikat direncanakan menjadi kapal perang bersenjata laser pertama di dunia. Teknologi ini akan menjadikan negeri Paman Sam itu sebagai yang pertama mengungguli China dan Rusia.

Senjata laser yang dipasang tersebut bernama HELIOS dan akan berfungsi sebagai sistem pertahanan udara jarak dekat. Sistem ini diharapkan lebih ampuh dibandingkan yang selama ini mengandalkan Phalanx CIWS (Close In Weapon System) dan rudal RAM (Rolling Airframe Missile).

Laser berdaya 60 kilowatt tersebut awalnya akan digunakan sebagai pengacak optic (dazzler), namun kemudian perlahan akan ditingkatkan sebagai sistem senjata penghancur rudal yang menyasar kapal perang.


AL AS berharap bahwa sistem laser HELIOS pada konfigurasi finalnya akan memiliki daya 500 kilowatt, sesuatu yang bahkan saat ini belum bisa dicapai pada tahap eksperimentalnya.


Proyek HELIOS sendiri dikerjakan oleh perusahaan Lockheed Martin dengan kontrak senilai 150 juta dolar AS untuk dua sistem lengkap, dengan satu di antaranya akan dipasang pada kapal perang.

Baca Juga:  Cara Sistem Auto G-CAS di Pesawat F-35 Untuk Keselamatan Pilot

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan