Kapal Induk Generasi Terbaru Amerika USS Gerald Ford Jalani Sea Trial

Kapal induk generasi terbaru milik Amerika Serikat, USS Gerald R. Ford (CVN-78) menjalani tes uji laut (sea trial) di lepas pantai Virginia, pada 9 April 2017. Tes ini akan dijalani selama beberapa hari, menguji sejumlah sistem dan teknologi terbaru utama. 

Untuk suplai energi, Kapal induk USS Gerald R. Ford memerlukan kabel listrik sepanjang 10 juta kaki atau 3.048 km dan serat optik sepanjang 4 juta kaki atau 1.219 km. Bebeda dengan kapal induk kelas pendahulunya, USS Gerald Ford memakai dua reaktor yang dipasang dan masing-masing mampu menghasilkan 300 MW listrik, sistem tenaga listrik yang lebih modern menggantikan teknologi lama, sebuah terobosan untuk pembangunan kapal induk di masa depan.

Kapal induk USS Gerald R. Ford mampu membawa pesawat sayap tetap dan helikopter lebih banyak dari pendahulunya, kelas Nimitz, dan kru sebanyak 4.500 orang. 


Persenjataan untuk bela diri pada kapal induk USS Gerald R. Ford meliputi rudal anti-serangan udara RIM-162 ESSM, RIM-116 Rolling Airframe Missile, Close-in weapon system (CIWS) Phalanx dan senapan mesin berat M2 .50 Cal. (12.7 mm).


USS Gerald R. Ford memiliki panjang sekitar 337 m. Dek kapal yang luasnya 4.047 m2 dapat menampung 75 pesawat tempur dan mampu meluncurkan 220 pesawat tempur per hari, dari dua landasan.

USS Gerald R. Ford merupakan kapal pertama di kelasnya. Saat ini, Amerika Serikat sedang membangun kapal kedua, yaitu USS John F. Kennedy (CVN-79). CVN-79 John F. Keneddy diharapkan bisa ditugaskan, pada 2020. Amerika Serikat berencana membangun tiga kapal induk kelas Gerald R. Ford, kapal ketiga adalah USS Enterprise (CVN-80).

Baca Juga:  ​China Siap Ekspor Drone Cloud Shadow – Pesaing Predator AS

Sumber: TSM

1 Komentar

  1. Bkalan ga bisa di geser sebagai negara adikuasa. Ngeri mamarika. Kekuatan militer nya adalah modal utama untuk invasi ekonomi global.. Sudah pasti punya nilai jual yang besar dan susah di elakkan. Ayoo Indonesia buat kapal induk…. Negara besar dan luas kayak indo harus punya 5 kapal indukkk

Tinggalkan Balasan