Kapal Induk Inggris HMS Illustrious Dibeli Turki Sebagai Bahan “Besi Tua”

FOTO: HOGAN/MINISTRY OF DEFENCE/PA

Kapal Induk milik AL Inggris, HMS Illustrious yang telah dipensiunkan dibeli oleh sebuah perusahaan daur ulang kapal di Turki senilai £ 2juta poundsterling (atau sekitar Rp33 miliar) . Kapal Induk legendari ini akan berlayar dari pelabuhan asalnya di Portsmouth untuk terakhir kalinya.

Banyak pihak yang menyayangkan nasib akhir dari kapal yang telah banyak berperang melayani AL Inggris ini. Sebuah konsorsium warga Inggris sempat mengajukan penawaran senilai 3juta poundsterling untuk mengubahnya menjadi hotel dan museum, tapi penawaran ini ditolak bulan kemarin.

Kementrian pertahanan Inggris mengatakan bahwa penawaran tersebut sudah terlambat. Penawaran dari perusahaan Turki senilai £ 2juta poundsterling (atau sekitar Rp33 miliar) sudah yang paling masuk akal ketika keputusan tersebut digedok. Ini adalah kali kedua kapal Inggris menjadi barang loak di Turki setelah sebelumnya Invincible dan Ark Royal.


Orang-orang memadati garis pantai untuk melepas keberangkatan kapal tersebut. Saat kapal ini akan diderek ke Turki setelah meninggalkan Portsmouth sekitar pukul 09:30 GMT waktu setempat atau 16.30 WIB.

Kapal dengan berat 22.000 ton, yang juga dikenal dengan nama Lusty ini, dipensiunkan pada tahun 2014 setelah beroperasi selama 32 tahun. Kapal sepanjang 210 meter ini bisa mengangkut 685 kru dan mengangkut 22 helikopter.

Kapal ini sudah pernah dikerahkan ke wilayah-wilayah konflik seperti Bosnia, Irak dan Sierra Leone.

Baca Juga:  Lebanon Terima Empat Pesawat Super Tucano

Sir Alan Massey, yang pernah menjadi kapten HMS Illustrious tahun 2001 sampai 2002, mengatakan ia “sangat sedih” melihat kapal itu pergiuntuk terakhir kalinya. “Anda tidak akan pernah tahu apa tantangan berikutnya. Kapal itu memiliki kemampuan luar biasa dan fleksibilitas. Sebagai kapten, tidak ada pekerjaan yang lebih baik”


Perannya akan digantikan oleh generasi berikutnya yaitu kapal induk, HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales, yang saat ini tengah dibuat di Rosyth.

js115512284_harrier_news-large_transdvmbeqxtlbaos6dncyc1n2mihhu91bbnja_ojqgu_ko
Sebuah jet tempir Harrier lepas landas dari Illustrious di Teluk Persia, 1997. Foto: The Guardian

Tentang kapal induk HMS Illustrious:

  • Merupakan kapal perang kelima dan kapal induk kedua yang memakai nama Illustrious.
  • Diterjunkan langsung dalam Perang Falklands atau Malvinas tahun 1982.
  • Membantu menjaga zona larangan terbang di Bosnia pada tahun 1990-an dan melakukan hal yang sama di Teluk Arab pada tahun 1998.
  • Digunakan sebagai pembawa helikopter setelah pesawat Angkatan Laut Sea Harriers dijual pada tahun 2010.
  • Terlibat dalam mendukung berbagai operasi di Afghanistan setelah serangan 11 September.
  • Mengambil bagian dalam operasi di Sierra Leone dan misi bantuan di Filipina setelah Topan Haiyan pada 2013.
  • Dinon-aktifkan dalam sebuah upacara di Portsmouth pada tahun 2014.

(sumber: The Guardian, bbc)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan