Kapal Perang Turki akan Dilengkapi dengan Rudal Anti-Kapal Buatan Dalam Negeri dalam Setahun Kedepan

Kapal-kapal perang Turki dalam proyek MILGEM akan dilengkapi dengan rudal anti-kapal pertama yang dikembangkan didalam negeri, ATMACA, dalam waktu sekitar satu hingga satu setengah tahun kedepan.

“Rudal ATMACA akan terlihat di kapal-kapal Turki dalam satu atau satu setengah tahun kedepan. Dengan rudal ATMACA, deteren kapal kami akan meningkat secara signifikan,” kata Emrah Özdemir, manajer proyek dan
pemimpin tim Sistem Rudal Sistem Angkatan Laut Roketsan, mengatakan kepada Anadolu Agency, menambahkan bahwa mereka sedang dalam tahap melakukan studi kualifikasi pada jalur produksi massal.

Menurut Özdemir, peluncuran proyek tersebut menghasilkan keputusan untuk membangun rudal ATMACA dengan jarak yang lebih jauh dan mesin turbojet.

Dikembangkan oleh Roketsan, ATMACA adalah rudal berpemandu modern yang efektif terhadap sasaran diam dan bergerak karena ketahanannya terhadap tindakan countermeasure, kemampuan update target, melakukan serangan ulang, dan kemampuan pembatalan serangan, dan sistem perutean (routing) canggih (perutean 3D).

Rudal ini memiliki jangkauan hingga 250 kilometer dan melayang rendah di atas air dan dapat mencapai sasaran baik pada bidang linier maupun vertikal. Dengan fitur ini, rudal dapat naik mencapai ketinggian yang lebih tinggi ketika mendekati sasaran dan mengenai kapal sasaran tepat dari atas kapal tersebut. Target rudal dapat diubah bahkan setelah rudal diluncurkan dan tetap terlindung dari gangguan elektronik. Rudal anti-kapal tersebut menyelesaikan pengujiannya pada November 2018.

Baca Juga:  F-22 Raptor Gak Siap Perang

Proyek MILGEM dimulai pada tahun 2000 untuk merancang dan membangun armada korvet dan frigat serbaguna yang akan menggantikan kapal-kapal yang telah menua.


Pekerjaan untuk mengintegrasikan rudal ATMACA ke dalam platform inventaris Angkatan Laut Turki sedang berlangsung, sementara uji penembakan direncanakan akan dilakukan dalam waktu dekat.


Sumber : defenseworld.net, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan