Kapal Perang USS John S. McCain (DDG-56) AS Tabrakan dengan Kapal Niaga

Kapal perang tipe perusak ataudestroyer Amerika Serikat, USS John S. McCain, tabrakan dengan kapal niaga di dekat wilayah Singapura, pagi ini (21/8/2017). Pihak Angkatan Laut Pentagon melaporkan, kapal perangnya mengalami kerusakan.

”Laporan awal mengindikasikan (kapal) John S. McCain mengalami kerusakan pada sisi portanya,” kata pihak Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan. Kapal perang itu sedang menuju ke Singapura untuk transit ketika tabrakan terjadi.

Kapal USS John S. McCain menabrak kapal AN Alnic MC, kapal niaga yang diduga milik Singapura. Misi pencarian dan penyelamatan atau SAR saat ini sedang berlangsung.
“Prioritas pertama kami adalah menentukan keamanan kapal dan awak kapal. Seiring semakin banyak informasi yang dipelajari, kami akan membagikannya,” kata Kepala Operasi Angkatan Laut ke-31 AS, Laksamana John Richardson melalui akun Twitter @CNORichardson.

Kapal USS John S. McCain (DDG-56), kapal perang berpeluru kendali dari kelas Arleigh Burke. 10 kelasi USS John S. McCain (DDG-56) dinyatakan hilang dan 5 orang menderita luka-luka.

USS John S. McCain (DDG-56) sendiri sedang dalam perjalanan muhibah dari pangkalannya di Yokosuka, Jepang, ke pangkalan AL Singapura untuk melakukan port visit dan meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara.

Kerusakan yang diderita oleh USS John McCain sendiri tergolong parah, dengan lubang menganga dekat garis batas air.
USS John S. McCain (DDG-56) sendiri merupakan kapal kelas perusak yang diawaki oleh 23 perwira, 24 tamtama, dan 291 kelasi dalam kekuatan penuhnya. Kapal perang ini dilengkapi sistem radar canggih AEGIS berbasis radar SPY-1D. Kapal perang ini ditugaskan untuk menangkis ancaman dari udara, termasuk menembak jatuh rudal balistik musuh yang memasuki atmosfir.

Baca Juga:  Pria Korea Selatan Gemukkan Badan Untuk Hindari Wajib Militer

Namun begitu, kemampuan kapal perusak kelas Arleigh Burke ini juga andal untuk melakukan serangan ke daratan dengan modal rudal Tomahawk, atau pertempuran melawan kapal lain dengan bermodalkan rudal Harpoon. USS John S. McCain (DDG-56) sendiri merupakan salah satu kapal perang kelas Arleigh Burke pertama atau Flight I yang memasuki dinas aktif AL AS.


Kecelakaan di laut dengan tempo yang cukup sering ini tentu menimbulkan pertanyaan mengenai kesiapan operasional AL AS. Sanggupkah mereka mengimbangi kebutuhan operasi yang tinggi, mengingat situasi teritorial yang menghangat? Beberapa perwira AL AS mengatakan bahwa latihan yang mereka terima saat ini tidak sebaik dulu. Presiden AS Donald Trump yang ditanyai komentarnya hanya bisa menyayangkan kejadian tersebut.

Sumber: UC News / sindonews

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan