Kapal Selam Alugoro-405 Segera Perkuat Armada Tempur TNI AL

Kapal Selam-3/Alugoro-405 secepatnya memperkuat Armada TNI Angkatan Laut (AL). Hal tersebut terungkap setelah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito meninjau kapal selam tersebut di Galangan Kapal PT PAL (Persero), Surabaya, Kamis (8/8/2019).

”Ini merupakan kapal selam ketiga yang dibangun dengan skema alih teknologi (Transfer of Technology) antara Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (DSME) Korea Selatan dengan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Surabaya,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama M. Zaenal.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, saat ini TNI AL telah diperkuat oleh dua kapal selam sejenis, yakni KRI Nagapasa-403 pada 2017 dan KRI Ardadedali-404 pada 2018.

Kapal Selam Alugoro-405 memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah permukaan air, mampu berlayar lebih dari 50 hari dan dapat menampung lebih dari 40 kru kapal ditambah dengan satu tim pasukan elit TNI AL untuk menunjang fungsi operasinya.


Nama Alugoro diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa, senjata tersebut berupa gada yang digunakan oleh para ksatria atau bangsawan lainnya.


”Kekuatan senjata ini adalah dengan sekali pukul dapat menghancurkan kepala orang yang dipukulnya. Senjata ini dianggap sakti karena pemberian dari Dewa yaitu Batara Guru, sebagai hadiah pada waktu Baladewa menikah dengan Dewi Erawati,” katanya.
Sumber: sindonews.com

Baca Juga:  Ini Alasan Indonesia Produksi Kapal Selam Mini

2 Komentar

  1. ada banyak yang mempertanyakan tentang akusisi kita pada cangbogo class209…dan banyak juga yang menyarankan atau berkeinginan agar kita mengakusisi kapal selam yang lebih modern atau kakak kelas 209….tapi kita lupa menelaah apa yang terbaik untuk kita saat ini…bukan hanya sekedar gagah gagahan atau sekedar memenuhi nafsu…alasan pertama dalam mengakusisi cangbogo ialah kedekatan kita dengan korea …kedua karna kita tidak asing lagi dengan type 209…..ketiga angaran yang lebih ringan baik akusisi maupun perawatan….selebihnya kita bisa menyerap dengan benar ilmu kapal selam dari korea dengan maksimal….karna satu alasan kita tidak asing dengan type 209…!!!
    dan kita juga harus mempertimbangkan akusisi sista bukan hanya sekedar beli lalu beres perkaranya…karna disitu juga ada perawatan dan perbaikan….ambil contoh pespur kita…yang masih perlu tenaga ahli asing bahkan harus dikirim kembali kenegara produsen bila perawatan dan perbaikan yang cukup serius…dan itu biyaya besar…!!!
    jadi bisa dibilang cangbogo adalah yang terbaik untuk saat ini….!!!

Tinggalkan Balasan