Kapal Selam Argentina Yang Hilang, Telah Meledak Di Dalam Laut

Akhir tragis dari pencarian kapal selam TR-1700 ARA San Juan milik Angkatan Laut Argentina yang sudah menghilang selama satu minggu, kapal tersebut diyakini telah meledak di dalam laut dengan bukti-bukti otentik terekam data radar AL Argentina.
Suara ledakan terdeteksi di Samudera Atlantik Selatan di wilayah area dimana kapal selam tersebut melaporkan posisi terakhirnya.

Data yang direkam oleh AL Argentina tersebut dikonfirmasi oleh organisasi CTBTO (Comprehensive Nuclear Test-Ban Treaty Organization) yang berpusat di Vienna, Austria.

CTBTO mmenyampaikan ke Pemerintah Argentina bahwa sistem monitor bawah lautnya juga mencatat suara ledakan tersebut dan mengkonfimasi ciri dan lokasinya mirip dengan data AL Argentina.

Ledakan tersebut terdeteksi pada pukul 13.51 GMT (Greenwich Mean Time) pada hari dimana kapal selam dilaporkan hilang.


AL Argentina sempat menyimpan rapat informasi ini dan tetap berpendapat bahwa kapal tersebut tidak meledak, namun tersesat atau ada mulfungsi sistem komunikasi, makanya mereka tetap berusaha mencari sampai 7 hari. Untuk menemukan kapal selam tersebut dan 44 awaknya.

“Suara anomali, bersumber tunggal, pendek, sangat besar, dan bukan ledakan nuklir, konsisten dengan ledakan, tercatat oleh sistem kami,” ujar juru bicara AL Argentina Enrique Balbi dalam konferensi pers di ibukota Argentina, Buenos Aires.

Pengumuman AL Argentina tersebut disambut dengan tangis dan ratapan di pangkalan AL Argentina Mar del Plata, dimana para keluarga dari awak yang hilang telah berkumpul.
Penyebab meledaknya kapal selam di bawah air dapat disebabkan oleh malfungsi sistem baterai dan mesin, atau yang lebih sering terjadi, ledakan dari sistem torpedo yang dapat menyebabkan kehancuran katastrofik.

Baca Juga:  Amerika Siap Serang Suriah Jika PBB Tidak Menghukum Suriah

Hilangnya kapal selam ini sendiri menarik banyak perhatian dunia internasional. Amerika Serikat, Jerman dan Inggris mengirim bala bantuan untuk menemukan kapal yang sebagian besar awak kapalnya wanita.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan