Kapal Selam Jin Nuklir China Muncul Di Wilayah Laut China Selatan, Intimidasi Atau Tak Sengaja?

Diberitakan oleh Daily Mail (18/10/2019) Sebuah kapal selam yang dapat meluncurkan rudal nuklir (SSBN) terlihat di Wilayah Vietnam di Laut China Selatan tepatnya di Kepulauan Paracel yang terletak sekitar 300 Km dari pangkalannya di Sanya, Pulau Hainan

Dalam foto yang tersebar di beberapa media online terlihat kapal selam tersebut menampakan diri di tengah-tengah kapal nelayan Vietnam yang sedang menangkap ikan, hal yang tidak biasa ini sontak membuat dahi para analis militer China berkerut apakah kemunculan Kapal Selam dari Kelas Jin ini merupakan tindakan intimidasi atau kecelakaan?

Menurut Analis Peperangan Kapal Selam Internasional HI Sutton “kapal selam pembawa rudal balistik dirancang untuk tetap berada di bawah air selama berbulan-bulan tanpa terdeteksi dan mencegah serangan mendadak.

Dalam kasus di Laut China Selatan nampaknya China sedang mengirimkan pesan kepada Vietnam bahwa mereka mempunyai senjata strategis nuklir”

Sebagai informasi Jin Class atau Type 094 adalah kapal selam balistik nuklir terbaru AL China, monster laut seberat 11.000 ton ini mampu membawa 12 pucuk rudal nuklir antar benua (ICBM) JL 2. AL China saat ini mengoperasikan 4 unit kapal selam nuklir Jin Class.

Baca Juga:  Presiden Filipina Minta Bantuan TNI Untuk Menggempur ISIS di Marawi

1 Komentar

Tinggalkan Balasan