Kapal Selam Kilo Rusia Telah Dilengkapi Torpedo Futlyar

Presiden Rusia berpose bersama dengan tapak belakang kapal selam kelas kilo. Foto: thediplomat

Kapal selam Kilo Project 636.3 Varshavyanka Rusia bakal semakin menakutkan. Besar kemungkinan kapal selam kelas kilo ini sekarang telah dipersenjatai dengan Torpedo Futlyar. Torpedo Futlyar merupakan modifikasi dari torpedo Fizik-1, keduanya memiliki jangkauan dan kecepatan yang sama, yakni kecepatan 40 knot dan kemampuan menembak sasaran di bawah air hingga 400 m.

Torpedo Futlyar telah menjalani uji tes sejak pertengahan 2016 di Danau Issyk-Kul di Kyrgyzstan. Dalam berita yang dilansir oleh kantor berita TASS, Torpedo ini dijadwalkan mulai memperkuat armada kapal selam Rusia pada tahun 2017, sebelumnya kapal selam Rusia menggunakan torpedo lawas type USET-80.

Secara fisik, bentuk Futlyar dan Fizik-1 memiliki kesamaan dengan panjang 7,2 meter, berat 2.2 ton dan hulu ledak seberat 300 kg. Namun, Futlyar dilengkapi dengan mesin pendorong yang sudah dimodifikasi menjadikan jangkauan serangnya sedikit lebih jauh.


Dengan dimulainya diproduksi torpedo Futlyar oleh produsen Dagdizel Enterprise, produksi torpedo Fizik akan dihentikan.


Rusia selama ini tertinggal dalam hal persenjataan torpedo dari AS dan Sekutunya, dan kini dengan dimulainya penggunaan torpedo Futlyar, Rusia sudah mampu mengejar ketertinggalannya dari AS

 

Baca Juga:  Kapal Induk China Jalani Mooring Trial Bulan Depan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan