Kapal Selam KRI Nagapasa Lanjutkan Uji Sea Trial

Kapal Selam KRI 403 Nagapasa TNI AL Foto: Formil Kaskus

Kapal selam KRI Nagapasa 403 Changbogo yang dipesan TNI AL terus melakukan ujicoba laut sebelum diserahkan kepada TNI AL. Gambar di atas adalah, kapal selam KRI 403, saat bersandar di DSME Korsel, beberapa saat sebelum meluncur ke laut untuk sea trial. Dua kapal selam tipe 209/1400 buatan DSME Korea Selatan akan diserahkan kepada Indonesia tahun 2017.

Kapal selam ini sangat cocok dengan perairan Indonesia yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dangkal. Selain itu awak Hiu Kencana sudah familiar dengan sistem Cakra Class yang memiliki banyak kemiripan dengan sistem pada Changbogo Class.

Indonesia memesan tiga kapal selam tipe 209/1400 dari galangan kapal selam Korea Selatan yang satu unit akan dirakit di PT PAL, Surabaya, Indonesia. Kapal selam ini akan dilengkapi dengan rudal UGM-84 Harpoon Integration, 8 × 21 in (530 mm) torpedo tubes dan 14 SUT torpedoes.

Kehadiran Changbogo Class  diharapkan akan mampu memperkuat TNI AL dalam mengemban tugas untuk mengamankan wilayah perairan Indonesia yang sangat luas. Dalam MEF yang dicanangkan pemerintah Indonesia, TNI AL membutuhkan sedikitnya 12 unit kapal selam.

3 Comments on Kapal Selam KRI Nagapasa Lanjutkan Uji Sea Trial

Tinggalkan Balasan