Kapal Selam Nuklir Amerika Tabrakan Kapal Patroli 

Kapal selam nuklir milik Amerika Serikat (AS) USS Louisiana (SSBN-743) bertabrakan dengan kapal patroli Coast Guard Washington (kapal patroli Angkatan Laut AS) di Selat Juan de Fuca, Washington. Demikian pernyataan resmi Pentagon pada Sabtu (20/8/2016).

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tabrakan ini. Penyebab kecelakaan ini masih diselidiki pihak berwenang.

”Kapal selam rudal balistik USS Louisiana (SSBN 743) dan Kapal Angkatan Laut AS Lepas Pantai bertabrakan saat melakukan operasi rutin di Selat Juan de Fuca di lepas pantai negara bagian Washington pada tanggal 18 Agustus 2016,” bunyi pernyataan Armada Pasifik AS, seperti dilansir Sputniknews.

Kedua kapal telah dibawa kembali ke pelabuhan masing-masing. Kapal patroli Angkatan Laut AS kembali dengan selamat ke pelabuhan di Port Angeles, Washington, dan kapal selam USS Louisiana kembali dengan selamat ke pangkalannya di Naval Base Kitsap Bangor, Washington.

Meski tidak ada korban dalam tabrakan kedua kapal, pihak Angkatan Laut AS tetap memeriksa tingkat kerusakan kapal selama USS Louisiana (SSBN-743).

Insiden kapal selam bertenaga nuklir bertabrakan dengan kapal biasa bukan sekali ini terjadi. Pada bulan Juli lalu, salah satu kapal selam Inggris HMS Ambush tipe Astute-class tabrakan kapal dagang di lepas pantai Gibraltar. Angkatan Laut Inggris kala itu mengklaim kapal selam tersebut tidak mengalami kerusakan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan