Kapal Selam Nuklir Terbaru Perancis Mulai Beraksi

Angkatan Laut Perancis menerima kapal selam pertama kelas Barracuda bernama Suffren yang memiliki kemapuan Nuklir. Kapal selam ini diproyeksikan menggantikan kapal selam nuklir kelas Rubis yang menua.

Pengiriman enam kapal selam lain akan diselesaikan dalam jangka waktu 10tahun. Kapal selam kelas Bareacuda ini akan menjadi tulang punggung pasukan kapal selam Prancis hingga setidaknya hingga tahun 2060, menjadikannya salah satu sistem senjata utama abad ini.

Pembangunan kapal selam kelas Barracuda ini memobilisasi berbagai pengetahuan yang luar biasa dalam teknologi yang paling canggih.

Di antaranya, baja yang sangat istimewa, kinerja akustik bawah air, dan sistem persenjataannya, menjadikan SSN Barracuda salah satu kapal selam paling efisien di dunia.

Kapal selam Barracuda, dengan alat navigasi dan komunikasinya serta kendali terpusat dan otomatisnya juga lebih lincah bermanuver dan bergerak. Inovasi besar lainnya adalah optronic mast, yang menggantikan telescopic mast, memastikan pengumpulan informasi visual yang lebih baik dan berbagi informasi ini dengan lebih baik di antara para awak. Fitur baru ini, dikombinasikan dengan kemampuan deteksi yang canggih, menjamin keunggulan kapal selam Barracuda dalam misi intelijennya.

Seri Barracuda juga memberikan Angkatan Laut Prancis keunggulan tempur nyata dengan untuk pertama kalinya, kemampuan serang jarak jauh (deep strike) berkat kemampuannya mengoperasikan MBDA naval cruise missile. Kapal selam itu juga dapat menggunakan torpedo berat baru Naval Group F21 serta rudal MBDA SM39. Kapal selam Barracuda juga memungkinkan dilakukannya pengerahan pasukan khusus secara tersembunyi dan lebih baik.

Baca Juga:  Ini Pasukan Khusus Irak Yang Menghancurkan ISIS

Kapal Selam ini dibangun oleh perusahaan Perancis sendiri, Naval Group di Nantes-Indret, perakitan sistem propulsi dan modul nuclear boiler dari De Grasse. Terakhir, tim Naval Group sudah mulai membentuk elemen pertama hull kapal selam ke lima dan ke enam, yaitu Rubis dan Casabianca, juga elemen-elemen modul nuclear boilernya.

Infrastruktur di pangkalan Angkatan Laut Prancis di Toulon telah dimodernisasi untuk mengakomodasi kapal selam generasi baru ini.

Karakteristik Teknis SSN kelas Suffren

Displacement permukaan: 4.600 ton.
Displacement bawah air: 5.200 ton.
Panjang: 99 m.
Diameter: 8,8 m.
Persenjataan: Naval Cruise Missile (NCM), torpedo berat F21, rudal anti-kapal SM39, kapasitas untuk menyebarkan ranjau,
Propulsi hibrida: reaktor air bertekanan yang berasal dari boiler nuklir SSBN kelas Le Triomphant dan kapal induk Charles-de-Gaulle, dua turbin propulsi, dua generator turbin, dan dua motor listrik.
Kedalaman menyelam: lebih dalam dari 300 m.
Awak: 65 orang + pasukan khusus

Sumber : navalnews.net

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan