Kapal Selam Nuklir USS Michigan Tiba di Korea Selatan

Kapal selam Nuklir Amerika Serikat, USS Michigan, telah tiba di pelabuhan Busan, Korea Selatan (Korsel). Kedatangan salah satu kapal selam terbesar di dunia ini di tengah meningkatnya ketegangan di semenanjung Korea. Seperti diketahui, rudal Nuklir di dalam kapal selam adalah senjata ampuh yang keberadaanya susah dideteksi musuh.
“Kapal selam rudal kelas menengah Ohio USS Michigan (SSGN 727) tiba di Busan, 13 Oktober, untuk kunjungan rutin selama penempatan rutin ke Pasifik Barat,” kata Armada Pasifik AS dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (14/10/2017).

Menurut data militer AS, kapal selam kelas Ohio dipersenjatai dengan rudal taktis dan dilengkapi dengan kemampuan komunikasi yang superior. Kapal selam ini dapat meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari platform “siluman”.

“Kapal selam ini mampu meluncurkan serangan rudal dan mendukung misi Operasi Khusus (SOF),” kata otoritas militer, menambahkan bahwa USS Michigan adalah salah satu kapal selam terbesar di dunia.

Pangkalan kapal selam tersebut berada di Bremerton, Washington dan dikirim dari Guam, sebuah wilayah kepulauan AS di Pasifik Barat, sekitar 2.800 km dari Busan.

Sebelumnya pada bulan Oktober, media Korsel melaporkan bahwa USS Ronald Reagan AS berada di Laut Cina Selatan dalam perjalanannya ke pantai Korsel dengan hampir 80 pesawat terbang.


AS mengirim kapal perang tersebut ke sekutu mereka untuk latihan militer yang dijadwalkan berlangsung sekitar 20 Oktober mendatang.

Baca Juga:  Jepang Pamerkan APC Roda 8x8 Terbaru

Washington dan Seoul dilaporkan akan melakukan pelatihan perang anti-kapal selam, serta latihan gabungan untuk mendeteksi, melacak, dan mencegat rudal balistik.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan