Kapal Selam Rusia Tembakkan Rudal Balistik Dari Dermaga

Kapal selam misil balistik Delta III-class milik AL Soviet menembakkan Rudal Balistik Berbasis Kapal Selam (SLBM) R-29R saat masih berlabuh di dermaga.

AL Soviet merupakan satu-satunya pengguna kapal selam misil balistik yang melaksanakan latihan peluncuran Rudal SLBM di dermaga. Latihan peluncuran dermaga sudah mulai dijalankan AL Soviet sejak akhir tahun 1960an dan awal tahun 1970an.

Igor Kurdin, veteran kapal selam Soviet sekaligus ketua St. Petersburg Club of Submariners mengatakan bahwa taktik penembakan dari dermaga dikembangkan karena armada Soviet tidak selalu memiliki deployment time yang cukup untuk berangkat dan bergerak ke area serang.

Ketika menjalani deployment, kapal selam misil balistik normalnya bersiaga di sebuah area serang sembari menjaga kesenyapan. Awaknya selalu siap untuk menerima perintah dari pusat
dan meluncurkan muatan misilnya. Kapal selam misil balistik Soviet biasanya bersiaga di area serang yang dilindungi, atau disebut dengan istilah bastion.

Dengan peluncuran SLBM dari dermaga, AL Soviet dapat mengerahkan kekuatan kapal selam misil balistik tanpa harus menunggu kapal selam bergerak ke bastion, maupun mempersiapkan awak lengkap serta stok makanan agar kapal selam bisa melaksanakan deployment. Selain itu, peluncuran dari dermaga juga akan menjamin kemampuan second strike Soviet jika musuh melancarkan first strike. Pangkalan SLBM akan menjadi sasaran prioritas dalam sebuah first strike. Apabila kapal selam Soviet tidak sempat kabur dari pangkalan, minimal mereka bisa meluncurkan serangan SLBM balasan sebelum misil balistik musuh menghajar pangkalan mereka.

Baca Juga:  Malaysia Lirik Tank Leonardo M60A3s Untuk Menambah Kekuatan

R-29R sendiri memiliki jarak jangkau hingga 6,500 km. Dari pangkalan AL Soviet di daerah barat daya, R-29R mampu mengenai sasaran di Eropa serta sebagian Alaska, Kanada maupun wilayah timur laut US. Dari pangkalan AL Soviet di kawasan timur, R-29R juga mampu menjangkau Guam, Hawaii hingga Alaska. Maka dengan adanya taktik peluncuran dermaga, militer US/NATO harus turut memperhitungkan kapal-kapal selam Soviet di pelabuhannya sebagai ancaman potensial.

Sumber: Lihgting Ii Chan -Hex

https://twitter.com/AnatolyVlasov87/status/1228398739762614273

https://www.thedrive.com/the-war-zone/32760/check-out-this-soviet-submarine-firing-a-nuclear-ballistic-missile-while-docked-pierside

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan