Kapal TNI Angkatan Laut Akan Dilengkapi Sistem KULAC Dari Turki

Sistem Kerja Echo Sounder Kulac (foto: Aselsan)

KULAÇ adalah sistem echo sounder yang dikembangkan mandiri oleh produsen pertahanan terkemuka sistem elektronik Turki, ASELSAN, yang telah digunakan oleh kapal selam Turki, dan untuk pertama kalinya, Indonesia menggunakan sistem yang sama.

Ekspor pertama Turki terkait sistem akustik bawah air, sistem echo sounder KULAÇ, ASELSAN, telah diintegrasikan ke dalam kapal selam Indonesia.

Integrasi dan persetujuan proyek dilakukan di kapal selam KRI Nanggala 402 Angkatan Laut Indonesia yang akan diselesaikan dalam waktu singkat. Diharapkan Angkatan Laut Indonesia kembali memesan sistem akustik bawah air dan kapal selam buatan ASELSAN seiring kesuksesan aktivasi sistem tersebut.

KULAÇ membantu kapal selam dan kapal permukaan berlayar dengan aman karena sistem menginformasikan kepada pengguna tentang kedalaman kapal dan kapal selam dengan mengukur jarak dengan menerima gema dari transmisi sinyal akustik dan mengukur perbedaan waktu antara sinyal yang dikirim dengan yang diterima.

Echo sounder KULAC terdiri dari pemancar, penerima dan prosesor, unit remote display dan low-high frequency acoustic transducers. Beroperasi dengan presisi tinggi, sistem dapat melakukan pengukuran hingga 1.000 meter. Seiring dengan opsi perekaman berkapasitas tinggi, memungkinkan penggunaan secara simultan, lebih dari satu sistem akustik dalam satu platform.


Sistem echo sounder Turki memiliki tiga mode rentang penentuan: Auto-Interval, Auto-Phase dan Manual. Ketika “Auto-Interval” atau “Auto Phase” range determination mode dipilih, listrik pulsa dan panjang pulsa transmisi secara otomatis disesuaikan dengan sistem.


Sistem ini mampu merekam data, mentransfer data ke penyimpanan eksternal melalui USB dan pencetakan dengan pengukuran sesaat.

KULAC memiliki kemampuan untuk self-test di samping infrastruktur uji built-in yang dapat menginformasikan pengguna tentang sumber masalah ketika terjadi kesalahan.

Sistem yang dikembangkan oleh ASELSAN diintegrasikan ke kapal selam Angkatan Laut Turki. Sistem ini diperkirakan digunakan sejak 2013, KULAC akan digunakan dalam Corvette ADA Class (MİLGEM)dan kapal perang Assault Amphibious (LHD) pada periode mendatang. (daily sabah)

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan