Kapten Wilbank: Kisah Heroik Pilot Pemandu Di Perang Vietnam

Kapten Hilliard Wilbanks sedang terbang di atas hutan Vietnam dalam misi pengintaian untuk Batalyon Ranger ARVN.

Dalam pengintaiannya untuk Pasukan Rangers ARVN di bawah ini, Wilbanks memperhatikan adanya kelompok besar Viet Cong yang terkonsentrasi pada dua puncak bukit dengan kelompok Rangers kecil menuju ke arah mereka. Yang membuat segalanya menjadi lebih buruk, Rangers akan menyeberang melalui perkebunan teh yang hanya akan memberikan sedikit perlindungan (Da Lat memang dikenal sebagai sebuah resor peristirahatan dan perkebunan). Seperti layaknya penyergapan, kondisi disini dibuat untuk menghancurkan pasukan manapun yang akan berjalan melewatinya.

Gerilyawan Vietnam paling jago bikin medan jebakan

Tanpa ragu-ragu, Wilbanks membawa Cessna-nya menukik ke dalam hutan untuk kemudian mengirimkan peringatan lewat radio kepada para Rangers dibawah. Setelah melihat Cessna Wilbanks, Viet Cong menyadari bahwa mereka telah terbongkar dan mulai membuka tembakan dengan mortir dan senjata otomatis. Meskipun tembakan gencar berdesingan di langit, Wilbanks terus melakukan beberapa kali terbang melintasi musuh kemudian dia menembakkan roket fosfor putihnya untuk menandai posisi musuh. Namun, Viet Cong adalah para petempur yang berpengalaman dan mereka tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Mencoba untuk menyelesaikan serangan sebelum dukungan udara dan bala bantuan tiba, Viet Cong menyerbu menuruni bukit menyongsong para Rangers. Menyadari bahwa Viet Cong akan menghabisi Rangers sebelum bala bantuan tiba, Wilbanks terbang untuk menembakkan roket terakhirnya ke arah musuh. Hanya menunda sebentar, Viet Cong kembali melanjutkan serangan ketika Wilbanks kehabisan roket.

Baca Juga:  Katyusha, Peluncur Roket Mengerikan Milik Uni Spviet Selama Perang Dunia II

Berjuang Sampai Akhir

Tidak terpengaruh oleh habisnya roket, Wilbanks melanjutkan pertarungannya. Dengan hanya sepucuk M-16 di sisinya, ia mulai terbang rendah hanya 100 kaki melewati di atas musuh ketika ia menembakkan M-16-nya keluar dari jendela samping. Berhasil menghentikan dan mengalihkan perhatian musuh, kini Wilbanks yang menjadi sasaran tembakan mereka.

Wilbanks terus melakukan beberapa kali terbang melintas, menembaki musuh ketika mereka mulai menembaki dia. Pada lintasan terakhirnya, Wilbanks sudah terluka parah, dan membawa Cessna-nya terjun jatuh ke dalam hutan di bawahnya. Wilbanks selamat dari kecelakaan itu dan ditarik dari puing-puing oleh salah satu Rangers yang dengan susah payah berusaha ia diselamatkan.

Beberapa saat kemudian bala bantuan datang, dan terdengar suara F-4 mendesing menembaki musuh menggantikannya. Hilliard Wilbanks sudah diatas helikopter Medevac ketika meninggal dalam perjalanannya ke rumah sakit. Kapten Hilliard Wilbanks hanya berjarak dua bulan dari waktunya pulang ke rumah ketika dia menunjukkan tindakan gagah berani itu. Wilbanks meninggalkan seorang istri dan empat anaknya yang masih kecil-kecil. Atas tindakannya hari itu, Kapten Wilbanks akan menerima Medali Medal Of Honor dan banyak rasa terima kasih dari setiap Ranger yang menyaksikannya bertarung sampai akhir pada hari itu untuk menyelamatkan mereka.


Wilbanks, berusia 33 pada saat kematiannya, dimakamkan di Pemakaman Metodis Fayette di Fayette, Mississippi. Pada 24 Januari 1968, Sekretaris Angkatan Udara Amerika Serikat Harold Brown menyerahkan Medal of Honor kepada janda Wilbanks di Pentagon, Arlington County, Virginia.

Baca Juga:  Kisah Prajurit Amerika Yang Pura-Pura Bodoh Saat Ditawan Vietnam

Wilbanks masuk di Hall of Fame Georgia Aviation. Tugu peringatan granit hitam setinggi dua kaki didirikan di Cornelia, Georgia, sekitar 400 meter dari tempat ia dilahirkan. Sekolah Menengah Hilliard A. Wilbanks di Clarkesville, Georgia dinamai sesuai namanya.

Diterjemahkan dan dilengkapi kembali dari:

https://m.warhistoryonline.com/instant-articles/vietnam-bird-dog-pilot-hilliard-wilbanks.html

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Hilliard_A._Wilbanks


https://valor.militarytimes.com/hero/1357

https://www.thisdayinaviation.com/tag/hilliard-a-wilbanks/

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan