Kata Wiranto, Rusia Tak Sabar Segera Barter Sukhoi Su-35

Tarik ulur maju mundur pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-35 emang bikin gemes. Kali ini, menurut Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, Rusia sudah gak sabar pengen segera barter Sukhoi Su-35 dilaksanan.
Rencananya 11 unit pesawat Sukhoi Su-35 akan dibarter dengan komoditas-komoditas Indonesia seperti karet.

“Rusia sangat ingin agar pembelian itu terlaksana,” ujar Wiranto di Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Januari 2018 setelah menerima delegasi Asisten Federasi Rusia yang baru melakukan pertemuan dengannya.

Wiranto menyampaikan, dia segera melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah menteri terkait yaitu menteri Perdagangan, menteri Perindustrian, dan menteri Pertahanan untuk membahas hal ini. Imbal dagang juga akan dilakukan dengan mengacu pada peraturan yang berlaku secara internasional saat melakukan mekanisme ini.

“Kendalanya hanya tinggal hal-hal teknis saja sebenarnya. Tapi ini masalah prinsipnya sudah diselesaikan. Masalah prinsip yaitu kebijakan sudah sama. Yang sana (Rusia) ingin jual, kita ingin beli,” ujar Wiranto.

Baru-baru ini pemerintah telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara Rusia terkait penukaran produk ekspor strategis seperti kopi, teh, dan minyak kelapa sawit dengan 11 pesawat Sukhoi-SU35.


Barter komoditas dalam negeri dengan alutsista militer ini dimaksudkan untuk mengganti sejumlah armada pesawat tempur F5 Indonesia yang sudah usang.

Baca Juga:  Komando Armada Papua Segera Dibentuk

Selain itu, kesepakatan ini terjadi dalam kondisi Rusia sedang menghadapi embargo perdagangan dari Amerika Serikat dan Uni Eropa. Rusia tengah membutuhkan sumber pasokan pangan alternatif. (viva.co.id)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan