Kawasaki Luncurkan Kapal Selam Kelas Soryu Untuk AL Jepang

Industri militer Jepang terus bergeliyat. Kali ini adalah raksasa otomotif, Kawasaki melalui anak perusahaanya, Kawasaki Heavy Industries menyerahkan kapal selam SS-508 Sekiryu kelas Soryu (せきりゅう – Naga Merah) kepada Angkatan Laut Beladiri Jepang (Japan Maritime Self-Defense Force – JMSDF)

Penyerahan dilakukan dengan sebuah upacara penyerahan yang diadakan di galangan kapal Kobe tanggal 13 Maret lalu. Upacara ini dihadiri oleh Deputi Menteri Pertahanan dan Kepala Staf Badan Pertahanan.

SS-508 Sekiryu adalah kapal selam ke-27 yang dibangun oleh Kawasaki setelah perang dan kapal selam kelas Soryu ke-8 yang dipasok ke JMSDF (kapal selam ke-4 yang dibangun oleh Kawasaki, empat kapal selam lainnya dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries). Peletakan fondasi Sekiryu dilakukan pada Maret 2013, dan diluncurkan pada November 2015.

Peletakan lunas kapal selam pertama dalam kelasnya, Soryu (SS-501), dilakukan pada Maret 2005, diluncurkan pada bulan Desember 2007 dan masuk kedinasan pada Maret 2009.


Kapal selam kelas Soryu terakhir kali diresmikan masuk kedinasan adalah SS-507 Jinryu pada 7 Maret 2016.

Peluncuran Kekriyu 508. Foto: thediplomat.com
Rencananya total sepuluh kapal selam kelas Soryu akan dimiliki oleh JMSDF. Kapal selam kelas ini adalah versi perbaikan dari kapal selam kelas Oyashio. Kapal selam kelas Soryu merupakan kapal selam bertenaga konvensional terbesar di dunia. Kapal tersebut memiliki operational track record yang sangat baik dan dilengkapi dengan teknologi terkini, termasuk sistem air-independent propulsion (AIP) yang memungkinkan kapal selam tersebut untuk tetap sepenuhnya menyelam untuk jangka waktu yang lama, dan teknologi stealth canggih yang membuatnya lebih sulit untuk mendeteksi.

Baca Juga:  Belum Dibayar, Polisi dan Militer Papua Nugini Geruduk Gedung Parlemen

Karakteristik utama (sebagaimana yang disediakan oleh Kawasaki Heavy Industries):
Panjang : 84,0 m
Beam : 9,1 m
Draft : 8,5 m
Kedalaman selam : 900 m
Displacement : Permukaan 2.900 ton
Menyelam 4.200 ton


Mesin:
– 1x 2 shaft Diesel Kawasaki 12V 25/25SB
– 4x Mesin Striling Kawasaki Kockums V4-275R Stirling
– Kecepatan maksimum : 20 knot

Sumber : navyrecognition.com / FB TSM

1 Komentar

Tinggalkan Balasan