Kawasaki Luncurkan Kapal Selam Soryu Kesepuluh

Kawasaki Heavy Industries Jeoang meluncurkan Kapal selam kelas Soryu ke-sepuluh, SS-510 Shoryu (しょうりゅう) dari galangan kapal di Kobe pada tanggal 6 November. Kapal selam diesel-elektrik kelas Soryu dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries dan Kawasaki Shipbuilding Corporation untuk Angkatan Laut Beladiri Jepang (Japan Maritime Self-Defense Force – JMSDF).

SS-510 Shoryu adalah kapal selam ke-28 yang dibangun oleh Kawasaki setelah Perang Dunia II dan kapal selam kelas Soryu ke-10 yang dibangun untuk JMSDF (yang ke-5 yang dibangun oleh Kawasaki, lima lainnya dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries). Peletakan lunas Shoryu dilakukan pada bulan Januari 2015 dan dijadwalkan diserahkan ke JMSDF pada bulan Maret 2018.

Peletakan lunas kapal selam pertama di kelas Soryu, yaitu SS-501 Soryu (そうりゅう), dilakukan pada bulan Maret 2005. kapal tersebut diluncurkan pada bulan Desember 2007 dan diresmikan pada bulan Maret 2009.
Sementara terakhir, kapal selam kelas Soryu SS-508 Sekiryu (せきりゅう) memasuki penugasan pada MJSDF pada tanggal 13 Maret 2017.

Semua kapal selam kelas tersebut dinamai nama naga. Kapal pertama Soryu berarti Naga Biru, kapal kedua Unryu (うんりゅう) berarti Naga Langit, sementara kapal ke-delapan Sekiryu berarti Naga Merah. Kapal selam yang baru saja diluncurkan tersebut, Shoryu, bermakna Naga Terbang.


Direncanakan JMSDF akan memiliki dua belas kapal selam kelas Soryu. Kapal selam kesebelas dan keduabelas akan memiliki ketahanan bawah air yang tinggi berkat penggunaan baterai lithium-ion. Kapal selam kelas Soryu itu sendiri adalah merupakan versi perbaikan dari kapal selam kelas Oyashio. Kapal selam kelas Soryu adalah kapal selam bertenaga konvensional terbesar di dunia. Kapal selam tersebut memiliki track record operasional yang sangat baik dan dilengkapi dengan teknologi canggih, termasuk sistem air-independent propulsion (AIP) yang memungkinkan kapal selam itu untuk tetap menyelam secara penuh dalam waktu yang lama, dan teknologi stealth canggih yang membuat kapal selam tersebut lebih sulit untuk dideteksi.

Baca Juga:  Pesawat Tempur Jepang Bayangi Pesawat Pembom H-6 China

Karakteristik utama:
Panjang : 84,0m
Lebar : 9,1m
Draft : 8,4m
Displacement permukaan : 2.950 ton
Displace,ent menyelam : 4.200 ton
Mesin:
– Diesel Kawasaki 12V 25 / 25SB
– Sterling Kawasaki Kokkamusu V4-275R
Kecepatan permukaan : 13 knot
Kecepatan menyelam : 20 knot
Kedalaman selam : 900m


Sumber : navyrecognition.com (diterjemahkan dan diedit oleh TSM Angga Saja)

Advertisements

1 Komentar

Tinggalkan Balasan