Kecewa Performa Rudal R-77 Rusia, India Siap Pinang Rudal Derby Israel Untuk Su-30 MKI

Angkatan Udara India sedang serius mempertimbangkan untuk mengganti Rudal Beyond Visual Range (BVRAAM) atau rudal jarak jauh buatan Rusia R 77 (NATO : AA 12 Adder) dengan rudal buatan Israel Derby Extended Range (ER) pada tahun 2022. Lantas apa alasan India untuk menyingkirkan rudal jarak jauh andalan AU Rusia ini?

Jawabannya terletak pada peristiwa pertempuran udara antara AU India-Pakistan di atas perbatasan kedua negara, saat itu Su 30 MKI yang membawa rudal R 77 berhadapan dengan F 16 AU Pakistan yang membawa rudal AIM 120C5 AMRAAM. Pada saat keduanya terpisah pada jarak 100 Km dilaporkan F 16 berhasil menembakan rudal AMRAAM namun sebaliknya Su 30MKI tidak bisa menembakan rudal R 77 karena diketahui R 77 tidak bisa mengunci target dengan jarak lebih dari 80 Km!

Beberapa Sumber di internal AU India sendiri mengungkapkan kekecewaanya terhadap performa rudal buatan Rusia ini “Rudal ini tidak sesuai dengan yang dipromosikan kepada kami! Rudal ini tidak bisa mengunci target pada jarak lebih dari 80 Km”



Dengan senjata baru yaitu Derby ER para pilot AU India merasa lebih percaya diri ketika berhadapan dengan pilot F 16 Pakistan. Sebagai Informasi Derby ER adalah rudal buatan Rafael Advanced System Israel, Derby adalah rudal dengan pemandu Fire and Forget dan didukung oleh motor roket dual pulse membuat rudal ini mampu menjejak dan mengunci target pada jarak 100 Km

Baca Juga:  Amerika Serikat Upgrade Torpedo Mark 48

Apakah tidak ada kesulitan bagi Israel untuk mengintegrasikan rudal Derby dengan Su 30MKI? Tentu saja tidak karena Su 30MKI mempunyai avionic buatan Prancis dan Israel sehingga dapat dipastikan para insinyur Israel tidak akan kesulitan mengintergrasikan Sang Super Flanker ini. Selain Su 30MKI rudal Derby juga akan mempersenjatai pesawat tempur ringan Tejas. | Sumber: ndtv.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan