Kejadian Langka, Su-35 Rusia Usir Pesawat F-16 Israel

Selama ini serangan udara pesawat tempur AU Israel ke wilayah Suriah tergolong aman karena tidak pernah diintervensi Rusia.

Seperti diberitakan oleh Al Masdar (28/8/2019) AU Israel kembali melakukan serangan udara ke wilayah Suriah tepatnya di wilayah Aqraba Damaskus yang terdapat kompleks milik Hizbullah.

Menurut sumber Syrian Arab Army (SAA), setidaknya lima personil militer Hizbullah tewas dalam serangan udara yang sangat presisi tersebut. Namun karena merasa masih belum cukup Israel memutuskan untuk meluncurkan kembali serangan kedua. Pada serangan kedua ini AU Israel kena batunya pasalnya Su 35 AU Rusia datang menyergap jet Israel



Su 35 AU Rusia yang lepas landas dari Hmeimim Airbase langsung mengejar jet tempur AU Israel yang saat itu diatas Mediterania menuju ke Damaskus untuk melakukan serangan sorti kedua. Merasa tidak bisa melawan jagoan udara Rusia ini akhirnya jet-jet tempur Israel ini kembali ke pangkalan dan membatalkan serangan sorti kedua ke Damaskus.

Sebagai informasi sudah tiga kali Su 35 berhasil mengusir jet-jet tempur AS dan Turki dan kali ini Israel dari wilayah udara Suriah yang menjadi sekutunya. Yang pertama Pada Oktober 2018 lalu Sebuah Su 35 berhasil “mengunci” jet tempur generasi kelima milik AU AS yaitu F 22 Raptor, kemudian yang kedua terjadi baru saja ketika Su 35 berhasil mengusir F 16 milik AU Turki.

Baca Juga:  Pesawat Tentara Perancis Jatuh di Pantai Gading

1 Komentar

Tinggalkan Balasan