Kejar JF-17 Pakistan, Pesawat HAL Tejas India Segera Dapat Sertifikat Operasional

Diberitakan India Today.com (2/1), 18 tahun setelah purwarupa (prototype) pertamanya lepas landas perdana, jet tempur kebanggaan Rakyat India sudah siap menerima FOC (Final Operational Clearance) atau sertifikat ‘kelulusan’ yang menandakan Tejas siap dioperasionalkan sebagai jet tempur garis depan.

Badan riset negara DRDO dilaporkan sudah menyerahkan cetak biru akhir siap produksi, yang dikenal sebagai DAL (Drawing Applicability Lists) kepada pabrikan HAL (Hindustan Aeronautics Limited). Hal ini dikonfirmasikan Dr. Tessy Thomas selaku Direktur Jenderal DRDO, yang sudah menyerahkan dokumen itu tepat pada tanggal 31 Desember 2018 lalu.

Dirilisnya DAL sebenarnya sudah menandakan berakhirnya atau tercapainya FOC. HAL sendiri sudah sibuk sejak beberapa bulan terakhir menyiapkan lini produksi dan memilih sejumlah pemasok dan subkontraktor untuk memasok avionik dan komponen lain yang dibutuhkan oleh Tejas.


Tejas sendiri sudah membuktikan kemampuannya dengan meluncurkan beragam senjata, dan ini dianggap memadai oleh Angkatan Udara India, DRDO selaku wakil Pemerintah, dan pabrikan HAL. Akhirnya Tejas bisa mulai diproduksi, mengejar rival besarnya JF-17 yang sudah dulu melenggang.


Sumber: UC News (Aryo Nugroho)

Baca Juga:  Amerika Tuduh Rusia Panaskan Eropa

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan