Kejar Pesawat Tempur Israel, Rudal S-200 Jatuh Di Siprus

Israel kembali melancarkan serangan udara pada Suriah, tetangga sekaligus musuh abadinya. Namun kali ini, dilaporkan tidak ada pesawat AU Israel yang jatuh, namun rudal S-200 milik Suriah yang mengejar pesawat Israel dilaporkan jatuh di Pulau Siprus.

Dilaporkan oleh Daily Mail (1/7/2019), rudal S-200 yang gagal menyergap pesawat Israel tersebut mengguncang setelah meledak hebat di Pulau Cylik yang terletak di Laut Tengah yang jaraknya sekitar 200 mil dari Ibukota Suriah Damaskus tersebut. Menurut Investigasi rudal tersebut merupakan rudal pertahanan udara (hanud) S 200 (NATO : SA 5 Gammon) yang ditembakan oleh Suriah untuk menghalau serangan jet tempur Israel.


Menteri Luar Neger Siprus Kudret Overzay mengatakan “tadi malam Sebuah rudal milik Suriah dari Jenis S 200 jatuh di wilayah Siprus nampaknya rudal tersebut jatuh dengan cara tidak terkendali karena mengejar pesawat tempur Israel”


Sebagai informasi S 200 Vega (NATO : SA 5 Gammon) adalah rudal lawas buatan Soviet yang dikembangkan pada tahun 1960 sebagai rudal permukaan ke udara jarak jauh, rudal ini mempunyai jarak jangkau hingga 250 mil. Ditangan Suriah rudal ini mempunyai nama harum karena pada tahun 2018 lalu rudal gaek ini berhasil menembak jatuh jet tempur F 16I Soufa

Baca Juga:  Berikut Data Kekuatan Militer Myanmar

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan