Kejatuhan Rudal Patriot 1 Warga Arab Saudi Tewas

Sistem rudal pertahanan udara Arab Saudi jenis Patriot buatan Amerika Serikat hampir saja gagal mencegat rudal Burkan yang diluncurkan oleh pemberontak Houthi Yaman.

Dalam sebuah video yang viral, tampak rudal patriot pertama yang meluncur gagal menyergap sasaran malah terjatuh.

Tidak ingin kecolongan, sistem THAD lalu meluncurkan empat rudal lagi. 3 rudal berhasil menhancurkan rudal Burkan namun 1 rudal patriot kembali jatuh ke jalan raya.

Namun 1 rudal Patriot yang jatuh ternyata menimpa sebuah rumah. Seorang warga yang berdiam di rumah tersebut ternyata meninggal dunia akibat kejatuhan rudal, sementara sejumlah rumah dan apartemen rusak parah akibat tertimpa pecahan-pecahan rudal yang ditembakkan ke arah Najran, Jizan, dan Khamis Mushait.


Ada dugaan bahwa mereka yang meninggal atau rumahnya rusak itu, justru tertimpa oleh pecahan rudal Patriot. Sebanyak dua rudal Patriot mengalami kegagalan peluncuran ketika baru saja meluncur, meledak di udara, dan ada yang jatuh ke atas rumah dan jatuh ke jalan raya.

Akhirnya pecahan dari rudal Patriot tersebut menyebabkan satu orang meninggal dan dua orang lagi luka parah, seluruhnya adalah warga negara Mesir. Sejumlah pecahan lain jatuh di komplek al-Malqa dimana sejumlah kaca pecah akibat pecahan rudal yang jatuh di atas wilayah tersebut.

videonya gan, ada instagram @militermeter

Baca Juga:  India Berencana Mengusir 40 Ribu Warga Rohingya Tapi Bingung Ke Mana

1 Komentar

  1. Penempatan rudal penangkisnya seharusnya dekat wilayah perbatasan Yaman, jadi tidak mengorbankan warka sipil Arab Saudi, jika ada rudal jatuh atau ada pecahan rudal yg jatuh.. Gw main Age of Empire seperti itu.

Tinggalkan Balasan