Kekuatan Udara TNI Nomer 7 Dunia

Kekuatan Udara TNI untuk misi khusus menempati urutan ke-7 di dunia, demikian menurut data Flight Global yang baru saja merilis laporan hasil analisa tentang kekuatan Angkatan Udara milik negara-negara Dunia tahun 2017.

Untuk urusan jumlah, TNI masih kalah. Berikut distribusi kepemelikan pesawat dan prosentasenya dari total pesawat tempur yang ada di dunia.

Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kepemilikan pesawat tempur terbanyak di dunia, 2.771 unit. Disusul oleh China (1.523) dan Rusia (1.523 unit). Yang mengejutkan hanya Perancis negara Eropa yang masuk 10 besar. Ini mungkin karena negara-negara Eropa lebih mengedepankan efisiensi, pesawat yang sudah tua langsung dipensiunkan. Beda India dan Korea Utara yang masih aktif mengandalkan pesawat tua macam Mig-21.

Untuk Pesawat dengan misi khusus, (Special Mission) TNI masuk peringkat nomer 7.


TNI disebutkan memiliki sejumlah armada Pesawat yang punya kemampuan Misi Khusus untuk matra udara dan laut. TNI AU memiliki tiga pesawat Boeing 737 (MPA) dan dua pesawat CN235 (MPA). Selain itu, Flight Global juga menyebutkan Indonesia sedang memesan 4 unit Pesawat Amfibi Be-200 (Firefighting) dari Rusia.

Adapun untuk matra laut, Indonesia disebutkan memiliki enam pesawat C212 (MPA), tiga unit CN235 (MPA)dan 28 unit Nomad (MPA). Indonesia juga dikatakan sedang memesan lima unit CN235 (MPA). Dengan kekuatan itu, Indonesia dikategorikan FlightGlobal sebagai kekuatan udara nomer tujuh dunia untuk armada dengan misi khusus.


Pesawat Be-200 sedang mengisi air untuk memadamkan kebakaran di Israel. Foto: Michael Sender

Berikut armada pesawat dengan misi khusus milik TNI.

Advertisements

1 Komentar

Tinggalkan Balasan