Kenapa Rusia Tidak Pernah Menembak Pesawat Israel Yang Serang Suriah?

Jika anda memperhatikan perang Suriah, beberapa kali pesawat tempur Israel menyerang posisi tentara Suriah, terutama di sekitar wilayah Dataran Golan. Pesawat tempur Israel mendapat gangguan hanya dari milisi Iran. Sedangkan dari militer Rusia yang juga menggelar pasukan, sama sekali tak mendapat gangguan.

Kantor berita Sputnik (5/5) memberitakan bahwa Israel dan Rusia saling mengetahui operasi militernya satu sama lain di Suriah. Keduanya bahkan tidak perlu memberitahu satu sama lain ketika akan menjalankan operasi, karena kedua pihak punya kode-kode pengenal khusus.

Menurut mantan Menhan Israel Moshe Yaalon, “Rusia-Israel bahkan tidak perlu terus koordinasi! Rusia tidak perlu memberitahu apa yang mereka lakukan, dan kami juga tidak, tapi kami atau Rusia tahu cara membedakan pesawat masing-masing.”


“Kami bisa, misalnya, membedakan Su-24 Fencer milik AU Suriah atau AU Rusia….dengan cara yang sama Rusia tahu pengenal pada pesawat kami dan tidak akan saling mengganggu,” ujar Yaalon.


Prinsip untuk tidak saling ganggu ini adalah inti dari mekanisme dekonflik, yang telah berlaku selama tiga tahun dan didesain untuk melindungi kedua negara dari kemungkinan perang yang tidak sengaja dan situasi konflik lain di Suriah.

Sumber: UC News Aryo Nugroho / Sputnik

Baca Juga:  Suriah Gempur Israel Dengan Roket, Langsung Dibalas Oleh Israel

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan