Kendaraan Stryker Baru Bersenjatakan Rudal Ditampilkan di Alabama

Sebuah versi kendaraan lapis baja Stryker yang belum pernah terlihat sebelumnya dengan senjata rudal Sidewinder dan Hellfire yang mampu menghancurkan pesawat tak berawak, pesawat terbang dan kendaraan lapis baja, ditampilkan di Space and Missile Defense Symposium di Huntsville, Alabama, AS, minggu ini.

Kendaraan baru tersebut adalah Maneuver Short Range Air Defense yang terintegrasi pada kendaraan Stryker. Boeing dan General Dynamics Land Systems telah bekerja sama untuk melengkapi kendaraan lapis baja Stryker Angkatan Darat Amerika Serikat dengan rudal, dan meriam untuk membawa daya tembak ofensif dan defensif dalam pertempuran dimana kendaraan lapis baju Stryker dapat beroperasi lebih efektif daripada kendaraan taktis.

Menurut scout.com, General Dynamics Land Systems telah merekayasa kendaraan tersebut, yang disebut sebagai Stryker Mobile SHORAD (Short-Range Air Defense) Launcher atau Stryker MSL, untuk memenuhi kebutuhan operasional mendesak Angkatan Darat AS untuk pertahanan udara jarak sangat dekat (close-in) dalam skenario pertempuran mekanis atau asimetris.


Platform prototipe Stryker MSL yang baru ditampilkan itu, memerlukan awak tiga orang, mampu menembakkan rudal Hellfire, AIM-9X Sidewinder atau Longbow Hellfire, kata pengembang Land Systems.

Para insinyur General Dynamics merancang kendaraan tersebut dengan melepaskan bagian belakang Stryker untuk membuat platform dengan turret Avenger milik Boeing yang dipasang di atas chassis, kata Kendall Linson, Business Development Manager Stryker and Specialty Wheeled Vehicles General Dynamics Land Systems, kepada media Scout Warrior dalam sebuah wawancara.


Sumber : defence-blog.com

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan