Kerusakan Teknis Tank T-85 Ukraina Terungkap

Pada tanggal 15 Juni, Kapten Roman Bagaev, yang mana peletonnya sering disebut-sebut sebagai peleton tank terbaik di Ukraina, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Novynarnia tentang masalah serius pada tank tempur utama T-84 Ukraina yang telah diupgrade.

Awak tank Ukraina dengan T-84 ikut ambil bagian dalam acara kompetisi tahunan Strong Europe Tank Challenge 2018. Namun di tahun ini tim Ukraina hanya mendapatkan tempat terakhir meskipun telah menggunakan tank T-84 terbaru.

Kapten Roman Bagaev mengatakan bahwa penyebab kekalahan tim Ukraina dalam kompetisi Strong Europe Tank Challenge 2018 terletak pada masalah serius dengan tank T-84, yang dimodernisasi dan dioverhaul di SE “Kharkiv Morozov Machine-Building Design Bureau” di Kharkiv.

Tank tempur T-84 mengalami sejumlah masalah. Masalah terbesarnya adalah tank tersebut tanpa tidak memiliki sistem stabilisasi senjata yang memadai.

Novynarnia telah merilis sejumlah video yang menunjukkan masalah serius dengan loader otomatis T-84 untuk meriam 125 mm, sistem fire control, dan juga masalah yang terkait dengan insulasi kabel.

Tank Ukraina tersebut tidak dapat mengenai sasaran pada jarak lebih dari 1 km karena masalah dengan stabilisasi persenjataan utama.

“Setiap tank diberi sepuluh peluru, untuk semua empat tank, sehingga total empat puluh peluru. Kami hanya mampu menembakkan 16 dari 40 peluru,” kata Roman Bagaev.


Juga, ia mencatat bahwa pada tahap lain dari kompetisi, tim Ukraina mencetak banyak poin, tetapi untuk tahap menembak, terpaksa mereka harus menyerah, dan padahal itu adalah hal yang paling penting.

Baca Juga:  30 Helikopter Ka-52 Alligator Akan Perkuat AU Rusia

Perwakilan dari pabrik menuduh persiapan awak tank yang buruk untuk mengikuti kompetisi itu. Mereka pada awalnya bahkan tidak percaya pada masalah yang terjadi pada tank T-84 dan menolak untuk menerima komentar tentang cacat kritis tersebut.

Menurut Pabrik Tank Malyshev, T-84 adalah kendaraan modern, yang dikembangkan oleh SE “Kharkiv Morozov Machine-Building Design Bureau”. T-84 memiliki perangkat penglihatan mutakhir, mampu mendeteksi sasaran tank hingga jarak 3500 meter, dan sasaran infanteri hingga jarak 2.200 meter. Loader meriam 125-mm-nya memungkinkan untuk menembak dengan firing rate 8 peluru per menit, ini memastikan penghancuran sasaran yang efektif dalam waktu minimum.

Tank tempur utama T-84 lebih modern dibandingkan dengan T-64BV, yang digunakan oleh awak Ukraina selama kompetisi internasional tersebut pada tahun 2017.

Perlu dicatat bahwa tahun lalu, awak tank Ukraina dengan tank T-64BV yang lebih tua berhasil mendapatkan tempat keempat dari lima tim, menempatkannya diatas tim Polandia dengan tank 2A5 Leopard mereka.

– Video loader tank T-84 yang macet :

www.youtube.com/watch?v=pJ3PTkHibb4

– Video meriam utama T-84 yang bergetar bahkan ketika tank dalam posisi diam :
www.youtube.com/watch?
v=7CWVP1Wr1Cg

– Video indikator suhu yang tidak bekerja dengan baik :
www.youtube.com/watch?v=iB6Vs0OkMhQ

– Video insulasi kabel yang terkelupas :
www.youtube.com/watch?v=xKe9yOgJB5k

Sumber : defence-blog.com, TSM Angga Saja

1 Komentar

Tinggalkan Balasan