Ketahuan Curang, Tim Militer China Didepak Dari Lomba

Tim angkatan militer China dikeluarkan dari ajang Piala Dunia Militer di Wuhan karena diduga curang dalam pertandingan cabang olahraga orienteering.

Dilaporkan CNN, Jumat (25/10), dugaan kecurangan mulai tercium ketika hasil pertandingan orienteering (jelajah navigasi) jarak menengah pada Minggu pekan lalu menunjukkan tim perempuan China mendapatkan peringkat pertama, kedua dan keempat dan tim laki-laki mendapatkan peringkat kedua.

Federasi Orienteering Internasional (IOF) menyatakan hasil itu kemudian diprotes enam negara, termasuk Rusia dan Prancis. Penyelidikan terhadap dugaan kecurangan mulai dilakukan tidak lama setelah protes.

Hasilnya menunjukkan para atlet China terbukti melakukan kecurangan besar-besaran dengan bantuan penonton setempat yang menyiapkan tanda-tanda khusus dan akses jalan pintas yang mudah dikenali para atlet di medan lomba.

Para juri lalu memutuskan untuk menganulir hasil pertandingan dan mendiskualifikasi semua anggota tim nasional China untuk bertanding dalam perlombaan orienteering jarak panjang.

“IOF mengambil tindakan yang dilakukan tim China dengan sangat serius. Pihak kami akan menginvestigasi bersama dengan Dewan Olahraga Militer Nasional (CISM) mengenai sanksi yang akan dikenakan bagi para pelaku,” kata Sekretaris Jenderal IOD, Tom Hollowell, dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca Juga:  BAE Systems Pasok APS CV90 Untuk Belanda

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan