Ketua DPR Minta TNI Turunkan Koopssus Di Papua

Aksi anarkistis yang terjadi di sejumlah wilayah di Papua harus segera diatasi. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku prihatin atas kondisi terkini di Papua. Karena itu, pihaknya mendesak pihak keamanan, baik Polri maupun TNI untuk segera memulihkan kondisi di Papua.

”Kemarin Pak Kapolri dan Panglima TNI sudah mengunjungi Papua dan kita mendesak untuk segera dilakukan pemulihan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya,” ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, (29/8/2019).

Bamsoet juga mendorong Komisi I DPR untuk melakukan kajian apakah berbagai peristiwa dan gerakan-gerakan yang terjadi di Papua bisa dikategorikan sebagai gerakan separatis atau gerakan orang bersenjata.

”Kami serahkan sepenuhnya kepada mekanisme yang ada di DPR pada Komisi l untuk meminta penjelasan kepada pihak-pihak terkait dan kemudian merumuskannya dalam bentuk pengambilan langkah-langkah yang lebih konkret,” paparnya.


Saat ini, Indonesia telah memiliki Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI yang terdiri atas matra darat, laut, dan udara. Bamsoet meminta agar Koopssus TNI yang baru diresmikan bisa segera dioperasikan.


”Saya meminta dan mendorong untuk melakukan pembahasan ini kepada pihak-pihak terkait, dan saya sendiri sebagai pimpinan bersama beberapa pimpinan menerima beberapa tokoh Papua dan menyampaikan beberapa solusinya. Saya mendengar juga Presiden akan bertemu dengan para tokoh agama, tokoh adat dari Papua dalam rangka melakukan pembahasan untuk menyelesaikan masalah Papua ini,” katanya.

Baca Juga:  Kemhan beli peralatan pertahanan baru perkuat kedaulatan RI

Sumber: sindonews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan