Kim Jong Un Tewas, Korea Utara Akan Dipimpin Wanita

Kim Jong Un bersama adiknya Kim Yo Jong dalam sebuah acara. Foto: reuters

JIka benar pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah tewas sesuai kabar dari yang beredar, maka siapa yang akan jadi penggantinya? seperti halnya kerajaan dinasti, pemimpin pengganti-nya tetaplah harus keturunan Kim Il Sung. Calon terkuatnya adalah Kim Yo Jong adik perempuan Kim Jong Un.

Ini akan menjadi sejarah pertama di dunia, sebuah negara komunis dipimpin oleh wanita. Sejak sistem komunis diperkenalkan di dunia.

Selain adik kandung Kim Jong Un, Yo Jong juga kepala staff dari Kim Jong Un. Dia adalah salah satu tokoh terpenting Korea Utara bersama kakaknya, Kim Jong Un.

Hubungan keduanya sangat akrab. Karena sejak kecil telah hidup bersama di perantauan. Keduanya bersekolah di SD Berne, Swiss. Yo Jong kemudian mendapatkan gelar sarjana sebagai sarjana ilmu komputer di Universitas Kim Il Sung Pyongyang pada 2007.

Kim Yo Jong juga otak dibalik naiknya Kim Jong Un ke tahta Korea Utara menyingkirkan Kim Jong Nam anak pertama yang digadang-gadang sebagai Putera Mahkota.

Kim Jong Un juga memberikan wewenang adiknya itu di badan pembuat keputusan utama yang menandai kenaikan pengaruhnya di Korea Utara.

Tidak banyak yang diketahui publik dari wanita ini, namun banyak pakar memprediksi bahwa jika dipimpinya, Korea Utara akan mengambil kebijakan lebih keras lagi. Karena Yo Jong dicurigai sebagai otak dibalik pembunuhan Kim Jong Nam kakaknya sendiri di Malaysia.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan