Kisah Jenderal Yang Tarik Tuas Kursi Lontar Dari Pesawat, Bikin Celaka Pilot dan Pesawat

Sebuah pesawat latih KT-1B Woongbi buatan Korea Selatan jatuh di Bali pada 24 Juni 2010.

Dikutip berapa sumber, pesawat milik TNI AU dengan nomer registrasi LD-0102 yang celaka itu penyebabnya karena penumpang menarik tuas kursi lontar.

Saat kejadian yang menjadi penumpang di kursi kedua adalah Pandam Udaya Mayor Jenderal TNI Rachmad Budianto dan penerbangnya, Letkol Pnb Ramot Sinaga, yang kala itu menjabat Komandan Skadron Pendidikan 102 Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto.

Pesawat itu merupakan pesawat leader dari 4 (empat) pesawat yang melaksanakan tactical landing setelah melaksanakan misi joy flight mengitari wilayah Bali.

Pesawat jatuh dan terbakar habis karena penumpang menarik tuas kursi pelontar setelah panik karena merasa dirinya mendengar adanya gangguan pada pesawat.

Akibatnya fatal, kursi pilot juga ikut terlontar ke udara. Pilot yang tidak siap untuk melakukan lompatan terluka parah akibat benturan dan harus dirawat di RSUP Sanglah Denpasar. sedangkan penumpang pesawat tidak memerlukan perawatan rumah sakit.

Puing mesin pesawat latih “Wong Bee” yang telah ditutup di Bandara Ngurah Rai, Bali (24/6). ANTARA/Nyoman Budhiana

Adapun pesawat jatuh di luar bandara dan terbakar habis. Namun, secara resmi Panglima TNI menyatakan pesawat jatuh karena gangguan mesin.

Sumber: Wikipedia

Baca Juga:  Elang Khatulistiwa Jelajah Ke Nusa Tenggara Barat