Koalisi Arab Saudi dan Pemberontak Yaman Perpanjang Gencatan Senjata

Pada 2 Juni, pihak-pihak yang bertikai di Yaman setuju untuk memperpanjang masa gencatan selama senjata dua bulan yang ditengahi oleh PBB hanya beberapa jam sebelum berakhir masa perjanjian gencatan yang pertama habis.

“Saya ingin mengumumkan bahwa pihak-pihak yang berkonflik telah menyetujui proposal PBB untuk memperbarui gencatan senjata saat ini di Yaman selama dua bulan ke depan,” kata utusan khusus PBB untuk Yaman, Hans Grundberg, dalam sebuah pernyataan. “Perpanjangan gencatan senjata mulai berlaku ketika periode gencatan senjata saat ini berakhir, hari ini 2 Juni 2022 pukul 19.00 waktu Yaman.”

Grundberg menambahkan gencatan senjata diperpanjang dengan persyaratan yang sama seperti sebelumnya, yang mulai berlaku pada 2 April.

Di bawah perjanjian gencatan senjata sebelumnya, Pemberontak Houthi (Ansar Allah) menangguhkan operasi militer mereka di Yaman serta serangan mereka ke Arab Saudi. Dari sisinya, koalisi pimpinan Saudi menghentikan semua operasinya di Yaman, termasuk serangan udara, dan mengizinkan kapal bahan bakar memasuki pelabuhan al-Hudaydah dan memilih penerbangan untuk mendarat di Bandara Internasional Sanaa.

Beberapa pelanggaran dilaporkan oleh Houthi dan koalisi pimpinan Saudi selama gencatan senjata sebelumnya. Namun, Yaman tidak mengalami tindakan militer besar dan korban sipil turun secara signifikan.

Dalam pernyataannya, Grundberg mengatakan bahwa dia akan terus terlibat dengan para pihak untuk menerapkan dan mengkonsolidasikan semua elemen gencatan senjata secara penuh serta untuk mendorong penyelesaian politik yang berkelanjutan untuk konflik di Yaman.

Baca Juga:  Berita Foto Perang Opisisi dan Pasukan Pemerintah Suriah

Gencatan senjata baru kemungkinan akan sesukses yang sebelumnya. Baik Houthi dan koalisi pimpinan Saudi tampaknya tidak tertarik dengan memicu eskalasi baru di Yaman. Meskipun demikian, penyelesaian politik kemungkinan tidak akan tercapai dalam waktu dekat.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan