Koalisi Turki dan Pemberontak Rebut Kota Afrin Dari Pemerintah Suriah

Turki benar-benar tak rela Suriah aman dan damai. Karena jika itu terjadi, Turki tak akan dapat membeli minyak secara murah meriah yang diborongnya dari para pemberontak.

Turki mengatakan bahwa negaranya tidak akan mengembalikan Afrin, utara Suriah, ke pemerintah Damaskus setelah melumat milisi Kurdi YPG dari wilayah tersebut.

“Bahkan Turki akan meluaskan serangannya ke kota di sekitarnya,” tulis Al Jazeera.


Turki sendiri selalu beralasan memburu pemberontak Kurdi di wilayah teritori Suriah tersebut. Padahal faktanya mereka membeli minyak dari para pemberontak, makanya mereka terus berusaha agar pemberontak tetap eksis di Suriah agar perang terus berlangsung.

Video soal sungai minyak yang dialirkan ke Turki


Menurut keterangan dari Syrian Observatory for Human Rights yang memantau perang, ribuan orang terus mengalir mengungsi ke Afrin, Kamis, 15 Maret 2018, menuju Nubul dan Zhara di sebelah utara Aleppo yang berada di bawah kontrol pemerintah Suriah.

Kelompok pemantau hak asasi berbasis di London itu mengatakan, sebanyak 12 orang tewas dan 60 lainnya luka-luka ketika Afrin dan sekitarnya dibombardir oleh pasukan Turki dan pasukan pendukungnya.

Baca Juga:  13 Helikopter Apache dan Black Hawk Rontok di Yaman

5 Komentar

  1. Sangat tidak bertanggung jawab, melontarkan tuduhan tanpa bukti.
    Tidak sepantasnya penulis memberikan kesimpulan sendiri terkait apa tujuan Turki masuk ke Suriah.

    • Benar bung Kurniawan… jelas2 yang diserang Turki bukan kekuatan pasukan Suriah tetapi pasukan Kurdi yang dipicu niatan USA untuk membuat pasukan perbatasan dengan Kurdi sebagai salah satu anggotanya dan juga FSA… bahkan pasukan pemerintah Suriah sedang berperang hebat di Ghouta, mungkin karena itu Turki melenggang di Afrin…
      Justru Kurdi mendapatkan kembali pukulan telak setelah rencana referendum mereka di Irak gagal karena sikap keras Irak dan sikap diam US, dan itu terjadi juga di Afrin ketika Turki merangsek masuk justru US juga terkesan menyingkir…
      Dan yang aneh Russia justru memilih menyingkir memberikan jalan untuk Turki, sepertinya memang sebenarnya Afrin dibiarkan dihajar Turki karena niatan US yang sebenarnya juga merugikan Suriah maupun Russia…

      • Katanya sungai minyak mengalir ke Turiki…. hahahaa…. dikiranya dalam kondisi perang itu sungai gak bisa di blokir dengan mudah sama orang Kurdi. Berapa kilo itu sungai harus mengalir? sepanjang aliran apa susahnya dihambat lairannya sama orang Kurdi. Apalagi lagi kondisi perang.

Tinggalkan Balasan