Komandan NATO: Rusia Telah Bangkit, Harus Diwaspadai

Kebangkitan militer Rusia dalam beberapa tahun terakhir ini telah mengesankan banyak pihak sekaligus membawa kengerian bagi NATO di Eropa. Seorang jenderal top NATO memberikan kredit kepada Rusia atas kemajuan itu. Namun ia menegaskan salah kaprah jika mengasumsikan kebangkitan Rusia memerlukan kembali gaya Perang Dingin yang agresif.

“Rusia telah bangkit kembali,” kata Jenderal Curtis Scaparrotti, Komandan Tertinggi Sekutu Eropa NATO (SACEUR) dalam pernyataan pembukaannya pada Forum Keamanan Aspen, seperti dilansir dari Sputnik, Minggu (31/7/2016).

Scaparrotti memuji militer Rusia atas pergeseran ke arah yang lebih profesional, cepat belajar, dan mempunyai cara yang lebih tangkas dalam berpikir. Namun ia juga mencatat bahwa kemajuan yang signifikan, telah membuat Moskow menjadi musuh yang sangat serius bagi Amerika Serikat (AS) dan NATO.


“Ketika Anda melihat sistem persenjataan. Mereka telah mempertontonkan kepada kami. Mereka telah menembakkan rudal presisi jarak jauh dari kapal selam, dari kapal permukaan, dari pembom menengah di Suriah,” kata Jenderal Scaparrotti menanggapi kemampuan pertahanan multi layered Rusia.


“Anda dapat melihat bahwa mereka sedang belajar, tapi banyak doktrin mereka didasarkan pada doktrin Soviet awal. Mereka cukup tangkas berpikir, jika Anda melihat tulisan baru-baru ini yang dilakukan oleh perwira mereka. Jadi mereka benar-benar melihat dunia di sekitar mereka seperti yang mereka lihat dan menyesuaikan doktrin dasar mereka itu, mengesankan,” kata General Scaparrotti.

Baca Juga:  Selain Rudal S-400, Turki Juga Incar Rudal S-500 Dari Rusia

Meski begitu, gambaran yang diberikan oleh Scaparrotti asumsi bahwa Rusia adalah musuh. “Kau tahu, kita memiliki musuh di sini bahwa kita harus memperhatikannya dengan sangat serius,” tukasnya

2 Komentar

Tinggalkan Balasan